Kejurnas Karate Digelar di Makassar

Ilustrasi Olahraga Karate.
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVAnews - Pengurus Besar  PB Wadokai Karate-Do Indonesia menggelar Kejuaraan Nasional 2011 yang menjadi cermin kebangkitan Wadokai Indonesia. Kejurnas digelar di GOR Andi Mattalatta, Makassar 20–22 Mei 2011 dan diikuti sekitar 400 atlet dari 14 pengurus provinsi Wadokai di seluruh Indonesia.

Kejurnas dibuka oleh Kapolda Sulselbar Irjen Pol Johny Waenal Usman. Dalam sambutannya, Johny mengungkapkan bahwa kejurnas ini merupakan momentum yang sangat strategis guna membangkitkan tanding karateka.

“Saya meyakini kejurnas ini akan melahirkan talenta-talenta pilihan yang bisa menjadi atlet nasional dan mampu tampil pada setiap event serta mengibarkan Sang Merah Putih di ajang-ajang internasional. Saya juga bangga karena Wadokai sudah menjadi perguruan yang banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan karate di
Indonesia,” kata Johny.

Sementara itu, Ketua Umum PB Wadokai Karate-Do Indonesia yang juga Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Syafruddin mengatakan, bahwa penyelenggaraan kejurnas ini memiliki dua misi penting.

Pertama, melahirkan karateka yang andal untuk menjadi tim karate nasional, sekaligus mempersiapkan karateka
Wadokai menghadapi Kejuaraan Dunia Wadokai yang akan digelar di Bali, Oktober 2011.

Kedua, mengirim karateka junior mengikuti Kejuaraan Nasional Karateka Piala Mendagri dan Mendiknas 2011 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“Penyelenggaraan kejurnas ini menjadi sangat strategis bagi Perguruan Wadokai sebagai upaya mempersiapkan karateka menghadapi event yang lebih besar. Apalagi, karateka selama ini merupakan cabang andalan Indonesia di ajang-ajang multievent seperti SEA Games dan Asian Games,” tutur Syafruddin.

Selain kejurnas, PB Wadokai juga menyelenggarakan penataran wasit dan juri yang telah dilakukan di Aula Kodim 143 Makassar. Penataran bagi wasit dan juri ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan penambahan pengetahuan agar dalam pengambilan
keputusan, tidak ada keraguan.

Penataran juga dimaksudkan agar wasit dan juri dapat bekerjasama dalam menjaga keselamatan atlet.

Selain itu, PB Wadokai juga akan menyelenggarakan Seminar Nasional Olahraga Tahun 2011 di Makassar Golden Hotel pada 21 Mei. Hadir sebagai pembicara Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng, Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo, Ketua Umum PB Forki Mayjen TNI (purn) Hendarman Supandji, Ketua Satkorlak Sea Games 2011 Mayjen TNI (purn) Tono Suratman, Tokoh olah raga Osman Sapta Odang dan Pimpinan ESQ Ari Ginandjar.

Selain itu, akan dilangsungkan pula ujian DAN Nasional di Sekolah Polisi Negara Batua di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, pada 23-24 Mei.

Pada pertandingan di kejurnas ini, terdapat enam kategori pertandingan. Mulai dari kelompok usia dini, para pemula, pemula, cadet, junior dan senior. Peserta akan memperebutkan medali, trofi dan uang tunai. Perkembangan Wadokai mengalami peningkatan saat ini.

Dari segi kualitas, saat ini sudah terbentuk 30 Pengprov yang memiliki kepengurusan aktif. Dari segi kualitas, Wadokai tidak pernah alpa mengikuti kejuaraan nasional maupun internasional. Melalui Kejurnas ini diharapkan karate Indonesia mendapatkan medali emas terbanyak dalam SEA Games mendatang.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024