Rehabilitasi Hutan Sumsel Raih Green Awards

Menhut serahkan penghargaan Indonesia Green Award
Sumber :

VIVAnews - Ajang Indonesia Green Award tahun 2011 ini kembali digelar. PT Sebangun Bumi Andalas, mitra kerja Sinar Mas Forestry (SMF) berhasil meraih penghargaan ini sebagai salah satu “Penginspirasi Bumi” atas keberhasilannya merehabilitasi 200 ribu hektar lahan terdegradasi atau rusak di Sumatera Selatan melalui pembangunan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kehutanan, Zulkifili Hasan kepada Robin Mailoa, Chief Executive Officer, Sinar Mas Forestry, Robin Mailoa di Hotel Indonesia Kempinski  Rabu 28 September 2011.

Penghargaan ini diperoleh melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh tujuh juri independen dari kalangan akademisi, praktisi dan pemerintah.

Lahan rusak seluas 200 ribu hektar yang berhasil dihijaukan kembali oleh  PT Sebangun Bumi Andalas Wood Industres (SBA) adalah lahan  gambut yang terdegradasi secara total akibat kebakaran hutan hebat di tahun 1997-1998 sebagai dampak dari musim kering panjang akibat fenomena alam El Nino.

Sebelum dikembangkanbangun menjadi kawasan HTI, lahan terdegradasi ini menjadi sumber emisi karbon dan asap yang dampak negatifnya tidak hanya dirasakan oleh warga setempatlokal, tapi juga terasa di lingkup secara nasional, bahkan dan internasional. 

Kini, semuanya telah berubah. Studi yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sriwijaya membuktikan bahwa pembangunan HTI berdampak positif secara ekologi dan ekonomi-sosial.

Studi IPB yang diketuai oleh Dr. Mahmud Raimadoya dengan menggunakan citra satelit dari tahun 1995 s/d 2009, menyimpulkan HTI dapat membantu memulihkan tutupan lahan secara berkelanjutan dan berangsur-angsur dapat mengembalikan fungsi hutan produksi, serta berkontribusi secara signifikan dalam penyerapan karbon dan peningkatan stok karbon. 

Ekonom Wanti-wanti Seretnya Likuiditas hingga Daya Beli Masyarakat Turun Hantui Perbankan 2024

Hasil kajian juga menunjukkan, bahwa perolehan karbon bersih untuk seluruh tutupan lahan pada periode HTI (2009) relatif lebih tinggi dibandingkan pada periode HPH (1995), dan masih lebih baik dari periode pasca kebakaran (2000).

Dari sisi ekonomi, studi di lokasi yang sama yang dilakukan oleh Dr. Najib Asmani dari Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2011, menyimpulkan bahwa pendapatan masyarakat sekitar hutan tanaman industri meningkat hingga 47,65%.

Ilustrasi bercinta/ciuman.

Bikin Orgasme Suami, Sentuh G-Spot Rahasianya Ini, Otomatis Bakal Puas di Atas Ranjang

Ada beberapa cara untuk merangsang g-spot pria dan jenis posisi seks untuk menggairahkan hubungan Anda dan pasangan di atas ranjang. Seperti apa?

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024