KKN Mahasiswa STAIS Majenang Lakukan Penanaman Pohon

KKN mahasiswa STAIS di Desa Margasari.
Sumber :

VIVA.co.id – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri (STAIS) Majenang melakukan penanaman pohon di Desa Margasari, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jateng, Senin (3/4). Ketua kelompok KKN, Agus Nurfatony mengatakan dalam penanaman kali ini pihaknya memilih pohon cengkeh dan pala. Agus juga menjelaskan penanaman pohon cengkeh dan pala tersebut bertujuan agar nantinya bisa dimanfaatkan oleh warga Margasari untuk keperluan memasak dan lain sebagainya.

Mengabdi Melalui KKN Universitas Diponegoro

Menurut Agus, jika pohon tersebut tumbuh dengan subur di Margasari, tidak menutup kemungkinan ke depannya petani Margasari bisa memanfaatkan lahan mereka untuk ditanami pohon cengkeh atau pala. Dan hasilnya nanti bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi warga.

Program KKN STAIS Majenang yang diselenggarakan selama sebulan penuh dan dimulai dari 20 Maret kemarin sangat dimaksimalkan oleh mahasiswa peserta KKN yang terdiri dari tujuh orang tersebut. Selain penanaman pohon, mereka juga melakukan bakti sosial kepada masyarakat Desa Margasari.

Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Undip di Tengah Pandemi COVID-19

Agus, yang terdaftar sebagai mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIS Majenang itu juga menjelaskan kalau selain penanaman pohon, kegiatan sosial lainnya juga turut diadakan. Seperti pembuatan talud, Posyandu, mengajar tari siswa PAUD dan juga mengajarkan ibu-ibu membuat inovasi keranjang buah.

"Kemarin, kita juga mengikuti kerja bakti membuat talud di tengah sawah. Yang jelas, kita ingin membantu masyarakat, sudah begitu saja," kata Agus saat ditemui. Lebih lanjut, Agus mengatakan puncak kegiatan KKN di Desa Margasari akan diisi dengan peringatan Isra Miraj pada 19 April mendatang di Balai Desa Margasari. Sekaligus sebagai acara perpisahan mahasiswa dengan warga. (Tulisan ini dikirim oleh Rachman S, Cilacap, Jateng)

Eksekusi Program Kerja KKN UNDIP di Tengah Pandemi COVID-19
KKN Tematik, Video Litetasi “rumahku Istanaku”

KKN Tematik: Video Dongeng untuk Media Literasi Digital AUD

Dalam kegiatan KKN ini pihak LPPM dan UPI menyediakan 2 jenis program kegiatan untuk KKN yaitu literasi pilihan dan wajib.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2021