Pantai Temajuk, Keindahan Alam Tersembunyi di Kalimantan

Pantai Temajuk, Kalimantan Barat.
Pantai Temajuk, Kalimantan Barat.
Sumber :

VIVA – Indonesia memiliki sangat banyak objek wisata alam yang indah dan menarik. Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pada 2016 kemarin bahwa Indonesia pada 2019 menargetkan untuk dapat menempati posisi di ranking 30 dunia dalam acara Travel and Tourism Competition Index (TTCI). Pada perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat terdapat sebuah pantai yang cukup asri bernama Pantai Temajuk.

Pantai Temajuk memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu kurang lebih 60 kilometer. Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat Pulau Kalimantan. Hanya berjarak empat kilometer dari Teluk Melano, Malaysia.

Pantai Temajuk terletak di ujung utara bagian barat Kalimantan Barat. Pantai Temajuk berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Di Pantai Temajuk, Anda akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami. Dengan pantai pasang laut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah. Air laut juga masih jernih, saat cuaca cerah langit nan biru serta awan putih yang bergumpal bagaikan kapas.

Untuk Anda yang memiliki jiwa muda dan suka petualangan alam, tempat ini sangat cocok untuk Anda. Terdapat dua alasan mengapa Anda perlu berkunjung ke Pantai Temajuk. Pertama, Pantai Temajuk adalah tempat yang bagus untuk snorkel di Teluk Atong dan tempat bertelur bagi penyu-penyu. Tak heran kalau banyak orang yang mengincar tempat ini hanya untuk melihat hewan penyu tersebut yang sebenarnya sulit untuk ditemukan di daerah lain, khususnya di Kalimantan Barat.

Kedua, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga atau berenang. Pada Oktober sampai Februari adalah saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin. Berkat angin yang cukup kencang dan tinggi, gelombang di pantai ini bisa mencapai dua meter atau bahkan lebih.

Di Dermaga Temajuk yang sangat panjang dan menjorok ke laut, Anda dapat melihat panorama yang sangat indah terutama pada saat sunset. Jangan sampai melewatkan detik-detik matahari tenggelam kembali ke peraduan yang eksotis dari Pantai Temajuk, ya!