Video Pecutan dalam Aksi Kuda Lumping yang Berakibat Fatal

Pertunjukan kuda lumping.
Sumber :
  • Instagram smart.gram

VIVA – Pernahkah kalian menyaksikan pertunjukan kuda lumping atau jaran kepang? Saat ini pertunjukan tersebut memang semakin jarang ditampilkan. Padahal, kuda lumping merupakan salah satu pertunjukan tradisional khas Indonesia yang sangat menarik.

Cerita Pengalaman Istri Ganjar Pertama Kali Ikut Tari Kuda Lumping

Kuda lumping merupakan satu jenis tarian tradisional yang menampilkan sekelompok prajurit yang tengah menunggang kuda. Kuda dalam tarian ini biasanya terbuat dari bambu yang dianyam. Selain memperlihatkan keindahan gerak dalam tari, kuda lumping juga sering dikait-kaitkan dengan unsur magis.

Para pemain kuda lumping seringkali mengalami kesurupan saat tampil. Saat kesurupan itulah, mereka bisa melakukan hal-hal ekstrem seperti makan beling, kebal senjata tajam, sampai tidak mempan dipecut dengan cambuk besar. Nah, pada bagian inilah yang membuat pertunjukan kuda lumping dianggap berkaitan erat dengan ilmu gaib.

Alasan Sirkuit Formula E Jakarta Berbentuk Kuda Lumping

Baru-baru ini sebuah kejadian unik terjadi saat pertunjukan kuda lumping tengah digelar. Peristiwa ini terekam kamera salah seorang penonton dan langsung viral di dunia maya. Dalam tayangan singkat yang diunggah akun Instagram smart.gram terlihat bagaimana pecutan cambuk seorang pemain kuda lumping dapat langsung merobohkan panggung.

Awalnya, pertunjukan kuda lumping itu berjalan normal. Berbagai tarian dan aksi-aksi ekstrem dilakukan para pemain guna menghibur para penonton. Namun, seketika pertunjukan itu berubah menjadi kehebohan. Karena saat salah satu pemain kuda lumping memecutkan cambuknya ke tanah, seketika panggung yang berada di depannya langsung roboh. Sampai-sampai para pemain musik yang berada di atasnya ikut terjatuh.

Anggota Jadi Korban Penganiayaan, FUI Pertanyakan Proses Hukumnya

Kejadian inipun banyak dikaitkan dengan hal-hal gaib. Bahkan, banyak yang percaya jika itu terjadi karena kekuatan besar yang terdapat pada cambuk tersebut.

Siswa Australia Menikmati Tari Kuda Lumping

Siswa Australia Menikmati Tari Kuda Lumping, Legendaris Budaya Indonesia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra mengatakan bahwa Tari Kuda Lumping telah menarik minat siswa Canberra Grammar School Australia pada budaya Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
7 November 2022