Simak, Ini Dia 4 Tips Mewujudkan Keluarga Surgawi

Ilustrasi suami dan istri.
Ilustrasi suami dan istri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mendengar kata nikah benar-benar sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Menikah merupakan salah satu sunah Nabi yang diyakini sebagai penyempurna agama seorang. Dalam realita saat ini, menikah sudah menjadi kebutuhan.

Dua orang yang sebelumnya tak saling kenal, kemudian melalui ikatan pernikahan, kedua orang itu menjadi saling kenal. Sehingga bertambahlah hubungan keluarga melalui silaturahmi yang terjalin.

Namun begitu, melihat apa saja yang menjadi tujuan dari pernikahan, masih ada saja orang belum menjalankan ibadah sunnah satu ini. Padahal, sesungguhnya ia telah mampu untuk menjalaninya. Nah, orang yang seperti ini harusnya perlu memahami hakikat pernikahan. Bahwa dengan menikah, akan menjadi sempurna agama seseorang, tak lupa juga dibarengi dengan ibadah atau amalan lainnya.

Tapi yang perlu diingat bahwa, menikah itu butuh persiapan, diantaranya pendidikan, finansial, kesiapan mental dan lain sebagainya. Sebab, kehidupan baru akan dijalani oleh pasangan suami-istri yang nantinya melahirkan generasi baru sebagai penerus. Nah, agar keturunannya berkualitas, orang tuanya pun harus berkualitas. Karena orang tua yang hebat kelak akan melahirkan generasi yang hebat pula.

Menikah itu bisa dikatakan mudah, tapi tidak susah-susah juga. Mengapa demikian? Sebab, dua insan yang sebelumnya tidak saling mengenal, kemudian dipersatukan dalam ikatan pernikahan, maka dari situ mereka berusaha untuk saling melengkapi. Karena ketika hanya mencari yang sempurna, maka tidak akan ada. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dari situlah kemudian bisa menghasilkan sinergi, bahkan menghasilkan sesuatu yang besar berawal dari perbedaan.

Menurut KH. Dr. Mohammad Nasih, pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran Semarang, untuk mewujudkan suasana keluarga surgawi, tentu tidak sembarangan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk diamalkan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.