Kacang Hijau, Kecil Tapi Mengandung Berjuta Manfaat

pop mania
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selain enak dimakan, kacang hijau juga banyak mengandung nutrisi. Seperti vitamin C, vitamin B, mangan, protein dan sebagainya. Banyak sekali manfaat kacang hijau untuk tubuh kita. Dan berikut ini manfaat yang terkandung dalam kacang hijau yang jarang disadari.

Puluhan Korban Banjir dan Longsor di Luwu yang Terisolasi Dievakuasi dengan Helikopter

1. Mengurangi risiko gangguan jantung

Kacang hijau membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL yang tidak sehat dan menyeimbangkan kadar kolesterol karena adanya antioksidan. Antioksidan yang ada dalam kacang hijau membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan mengurangi peradangan. LDL menyebabkan gangguan jantung dan kacang hijau membantu mencegah hal ini.

Penyakit Kronis Jangan Diabaikan, Ini Gejala Meningitis yang Bisa Terjadi pada Jemaah Haji dan Umrah

2. Mengurangi tekanan darah

Partikel protein yang disebut peptida hadir dalam kacang hijau memiliki kualitas anti-hipertensi. Zat ini sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah dengan mengurangi penyempitan pembuluh darah.

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

3. Mencegah pembentukan sel kanker

Polifenol dan oligosakarida hadir dalam kacang hijau dan membantu memerangi kanker. Karena antioksidan di dalamnya sangat bermanfaat untuk mencegah perkembangan kanker. Hal ini juga di ketahui dapat menghambat mutasi sel-sel berbahaya dan DNA pengaman.

4. Mengatasi jerawat.

Dalam pengobatan ayurverda, ternyata kacang hijau tergolong jenis makanan super. Manfaatnya sangat baik untuk kulit, membersihkan dan mengangkat sel kulit mati, kotoran, serta bakteri pemicu jerawat. Anda pun bisa membuat masker kacang hijau sendiri di rumah dan merawat kulit wajah Anda. Berikut caranya:

Bahan:
1 sendok makan bubuk kacang hijau
2 sendok teh yoghurt tawar
Air secukupnya

Cara mmbuat:
Siapkan mangkuk bersih, taruh bubuk kacang hijau di dalamnya, dan basahi dengan air. Jangan terlalu banyak, sekitar dua sendok teh air saja. Aduk campuran bubuk kacang hijau dan air hingga merata lalu tambahkan yoghurt. Aduk kembali. Setelah rata, masker siap digunakan.

Gunakan masker pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama sepuluh menit hingga kering. Setelah masker kering, bilas wajah dengan air dan segera keringkan wajah dengan handuk lembut. Lalu gunakan pelembap untuk perawatan maksimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.