Ciamis Kini Diserang 'Bebegig'

Bebegig Ciamis..
Sumber :
  • vstory

VIVA – Bebegig merupakan bahasa sunda yang berarti hantu. Mendengar kata hantu mayoritas dari kita pasti akan dibuat takut.  Tetapi bagi orang yang kreatif, rasa takut ini bisa dimanfaatkan untuk mencari uang. Seperti dilakukan oleh para senias film, baik Hollywood maupun dalam negeri. Mereka membuat film bergenre horor yang menampilkan hantu-hantu gentayangan dengan berbagai cerita.

Penyebab Gempa di Ciamis yang Terasa hingga Cilacap

Dengan melihat film hantu imajinasi dan pengetahuan kita menjadi liar. Ternyata, hantu pun mempunyai tempat tinggal. Hantu dalam negeri Indonesia akan berbeda dengan hantu dari negeri Arab, Eropa, China dan Amerika. Mereka mempunyai ciri khasnya  masing-masing.

Seperti Amerika yang dikenal dengan boneka hantu Annabel, Chukky dan lain sebagainya. Sedangkan, China dikenal dengan vampire, hantu ular dan lain-lain. Hantu produk dalam negeri misalnya sundel bolong, kuntilanak dan pocong. Ternyata di Ciamis bebegig atau hantu, walaupun wujudnya menakutkan tetapi membuat masyarakat senang.

Gaya Sandi Kampanye di Ciamis, Nyanyi 'Tanah Airku' Bareng Santri

Hantu-hantu yang dikenal bebegig berpawai ria ini menyusuri jalanan. Berbagai macam bebegig ini rela berpanas-panasan untuk membuat senang masyarakat Kota Ciamis. Jangan salah bebegig ini bukan sungguhan hantu gaib. Tetapi seni tradisional yang berasal dari Ciamis. Kabupaten Ciamis mempunyai seni bebegig. Setiap kali pentas diberbagai helaran seni, bebegig ini mampu menyita perhatian masyarakat.

Wujud bebegig ini menyeramkan tapi juga lucu. Ada bebegig yang berwujud tumpukan alat-alat dapur yang berasal dari anyaman bambu, seperti boboko, haseupan, ihid. Alat-alat ini ditumpuk menyerupai orang. Ada juga bebegig yang dibentuk dari topeng besar menyeramkan dihias oleh dedaunan dari pepohonan.

Wakapolda Jabar Sebut Tahanan Polres Ciamis Kabur karena Petugas Lalai
Toilet tanpa sekat di Stasiun Ciamis

Viral Toilet Tanpa Sekat di Stasiun Ciamis, Berani Coba?

Jadi viral di Twitter.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2019
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.