Pengertian Blog, Blogging dan Blogger

arti blog, pengertian blog, blogging
Sumber :
  • vstory

VIVA – Weblog atau blog adalah sebuah website atau jurnal online yang berisi informasi berbentuk tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Konten atau postingan pada sebuah blog seringkali diperbaharui secara berkala. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan minat dari blog tersebut.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Fungsi Blog

Ada banyak alasan orang atau perusahaan menggunakan sebuah blog. Contohnya, jika Anda mempunyai minat tentang komputer dan ingin membagikan beberapa tips atau ilmu yang bisa bermanfaat untuk orang lain, Anda bisa membagikannya melalui blog tersebut.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Atau juga perusahaan yang ingin memberi informasi mengenai produk yang akan dijual. Blog bisa berfungsi sebagai media informasi online dengan bebagai macam topik. Blog juga mempunyai fungsi sebagai catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik.

Struktur Blog

Terima Penghargaan karena Menangkan Capres 5 Kali Beruntun, Denny JA Beri Pesan Politik

Blog mempunyai struktur yang sangat relevan, terdiri atas header (bagian kepala) yang memiliki menu dan bar navigasi. Kedua, ada bagian bodi (badan sebuah blog) yang menampilkan postingan-postingan sebuah topik blog terbaru. Ada juga sidebar yang memunculkan profil media sosial author dan postingan terpopuler.

Terakhir, footer (bagian kaki) memuat informasi, seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Setiap aspek yang ada pada struktur blog sangat berperan penting dalam memudahkan para pengunjung situs untuk melakukan navigasi dan mencari konten yang mereka sukai.

Lalu apakah yang disebut dengan blogging?

Blogging adalah suatu aktivitas menulis dan mengelola blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar sang blogger bisa membagikan tulisannya tesebut dengan mudah. Aktivitas blogging ini sampai sekarang banyak diminati para blogger untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet di dunia, baik itu tips atau tutorial.

Sejak saat ini aktivitas blogging semakin melebar dan menjadi terkenal. Hanya saja, yang jadi pertanyaannya mengapa blogging bisa berkembang pesat? Pada awalnya blogging merupakan sebuah platform yang mainstream untuk berita dan informasi.

Tetapi, update informasi yang dilakukan terus-menerus oleh beberapa blogger yang sesuai dengan minat dan hobinya menjadikan aktivitas blogging dapat berkembang pesat. Pada zaman yang modern ini dengan adanya blog dapat memudahkan para pembaca dalam mengikuti informasi, daripada harus membolak-balikkan kertas koran. Setuju?

Di balik sebuah blog pasti ada pengelolanya yaitu blogger. Apa itu blogger?
Blogger adalah seseorang yang membuat beberapa konten dan mengelola blog, membagikan pandangan mereka mengenai sebuah wawasan secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam.

Ada yang membuat blog tutorial, bisnis dan lain-lain. Sebagian blogger ada yang menjadikan aktivitas nge-blog sebagai  profesi sampingan, ada juga yang menjadikan blog untuk mencari penghasilan utama, dan ada sebagian blogger lainnya hanya sekadar menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.

Menjadi blogger adalah profesi menyenangkan meski tak begitu mudah. Ia tidak harus berdiam diri di satu tempat jika ingin menulis konten. Bahkan ada blogger yang mengisi kontennya dengan melakukan perjalanan, tapi tentu saja ini tergantung dari jenis blog yang dibuat.

Sejarah Blog dan Blogging

Media blog yang pertama kali dipopulerkan olah blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya di akuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Sejak itu, banyak terdapat aplikasi bersifat terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Tahun berikutnya Wordpress muncul dengan menawarkan beberapa kemudahan untuk orang-orang yang tertarik dengan pembuatan blog. Weblog merupakan istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian penyebutan blog semakin santer didengar

Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian ‘warga internet’. Pemilik situs blog, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai ‘mesin pencetak uang’ karena bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan). Dua situs blog ini bahkan menjadi contoh bagaimana Anda pun bisa memperoleh penghasilan dengan blogging

Pastinya Anda akan bertanya-tanya, mengapa orang-orang membuat blog?
Blog menjadi wadah bagi para pengguna untuk mengekspresikan pendapat atau perasaan pribadi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, fungsi blog semakin berkembang dan menjadikan blog sebagai mesin pencetak uang. Karena itu banyak peminat menjadi seorang blogger hanya untuk mencari uang di internet.

Cara paling ampuh untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan memanfaatkan layanan iklan yang ditawarkan pihak ketiga. Anda menampilkan iklan pihak ketiga (biasanya dalam bentuk banner) yang kemudian bisa dilihat oleh para pengunjung blog. Jika iklan tersebut diklik oleh pengunjung, maka Anda akan mendapatkan penghasilan yang terbilang cukup. Namun jika Anda sudah punya bisnis sendiri, menampilkan informasi mengenai produk yang ditawarkan sudah lebih dari cukup.

Kesimpulan

Blog adalah ruang digital di mana Anda bisa menuliskan pandangan, pendapat, serta berbagai hal lain yang dilakukan sehari-hari. Bahkan faktanya Anda bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Terlebih jika Anda fokus pada suatu topik unik yang harus dibagikan agar siapa pun tahu dan paham akan hal tersebut.

Blogging tak hanya sekadar hobi, tapi juga menjadi cara hidup bahkan karier utama seseorang. Sepertinya akan sangat susah membayangkan bagaimana hidup tanpa blog karena dari blog-lah kita bisa belajar dan mengetahui banyak hal menarik dari cerita, kisah, dan keseharian orang lain.

Semoga melalui artikel ini, Anda bisa belajar banyak hal tentang apa itu blog, fungsi dan kegunaan blog, serta sejarah blog.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.