Manfaat Tiket Elektronik dalam Kehidupan Modern

Sistem Penggunaan Tiket Elektronik
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tiket elektronik alias e-ticket adalah sebuah tiket yang berbentuk digital, dan merupakan pelayanan suatu perusahaan jasa kepada konsumen untuk mempermudah melakukan pemesanan tiket, yang memanfaatkan internet sebagai media untuk pemesanannya.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Tiket elektronik dapat digunakan untuk pemesanan hotel, bioskop, kereta, penerbangan, hingga tiket suatu event atau pertunjukan.

Menurut Ng-Kruelle dan Swatman (2006), Tiket Elektronik merupakan cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktivitas perjalanan penumpang tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Semua informasi mengenai tiket elektronik  disimpan secara digital dalam sistem komputer milik travel agent.

Sebagai bukti pengeluaran Tiket Elektronik, pelanggan akan diberikan Itinerary Receipt yang hanya berlaku sebagai alat untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

Beberapa manfaat dan keuntungan menggunakan tiket elektronik dalam kehidupan, diantaranya :

- Tidak membuang waktu yang lama untuk melakukan pemesanan, karena dilakukan secara online.

- Dapat mengurangi biaya pencetakan dan surat tiket.

- Memiliki keamanan yang terjamin, karena memiliki kode validasi dan dapat memperkecil kemungkinan tiket palsu.

- Dapat memberikan informasi tambahan yang harus diketahui oleh konsumen.

- Jika Tiket Elektronik hilang, masih dapat di cek melalui email, dan dapat di cetak kembali.

- Tiket Elektronik lebih efisien dan fleksibel, dari pada Manual Tiket.

- Pemesanan Tiket Elektronik dapat menggunakan promo dan kode voucher.   

Sebagian besar masyarakat sudah mulai beradaptasi dan lebih nyaman dengan konsep Tiket Elektronik daripada tiket yang masih berbentuk kertas, dan harus dipesan secara langsung (on the spot).

Masyarakat lebih menyukai Tiket Elektronik, karena tidak membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan, bahkan bisa disimpan di gadget. Tiket Elektronik mudah dibawa, tidak akan sobek, luntur, dan tidak mungkin hilang.

Lebih praktis, hemat, cepat, dan tidak menyita waktu atau mengganggu aktivitas. Dan pastinya, tidak perlu lagi repot pergi ke travel agent/loket tiket.

Jadi, dengan adanya Tiket Elektronik ini, memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam penerapannya yang mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama di Indonesia.

Salah satunya adalah banyaknya masyarakat yang sudah beralih melakukan pembelian tiket melalui online (tiket elektronik) yang lebih efektif dan efisien tanpa harus datang ke lokasi dan mengantre untuk membeli tiket.

Perusahaan perlu memberikan sosialisasi tentang sistem Tiket Elektronik supaya semua orang dapat mengerti dan paham apa itu Tiket Elektronik dan dapat menggunakannya dengan mudah.

Perusahaan juga perlu memberikan jaminan keamanan atas biodata, kode kartu kredit atau atm setelah pembeli melakukan transaksi pembelian tiket. (Tamarine Mirelle R, Manajemen Internasional, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.