Fungsi E-Learning dalam Kemajuan Dunia Kerja dan Pendidikan

E-Learning dalam Era Modern ini.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Proses pembelajaran elektronik, atau yang biasa disebut dengan E-Learning adalah suatu perkembangan dalam pelayanan pembelajaran yang dilakukan dengan sistem elektronik, yang merupakan suatu sajian pembelajaran yang dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun tanpa adanya batasan waktu.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Menurut Michael (2013), E-learning adalah pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran.

Sistem pembelajaran E-learning menggunakan model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis computer. Dan semua metode pembelajaran disediakan melalui situs web, yang akan memudahkan penggunanya untuk mengakses.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Di era yang semakin padat ini, E-learning merupakan satu metode yang efisien untuk digunakan oleh kalangan masyarakat modern yang kurang mendapatkan waktu untuk belajar. Karena menggunakan E-learning tidak membutuhkan keharusan untuk on-time seperti metode pembelajaran secara offline. Para pengguna E-learning juga dapat mengatur waktu sendiri, kapan waktu yang tepat untuk belajar.

Selain itu ada beberapa manfaat lain dari penggunaan E-learning, diantaranya :

Pembelajaran Berdiferensiasi dan Upaya Menumbuhkan Potensi Peserta Didik

1. Lebih praktis dan fleksibel, karena dibuka menggunakan situs web dan tidak harus membuang waktu untuk bertemu secara langsung.

2. Pengalaman belajar yang menyenangkan, mendapatkan sistem pengajaran yang lebih menarik karena adanya fasilitas berupa foto, audio, dan video.

3. Mempermudah untuk dapat melihat kemajuan penggunanya, karena sistem E-learning dapat menyimpan progress data penggunanya.

4. Menghemat biaya, karena tidak ada biaya buku dan fotokopi.

5. Mudah di dokumentasi, karena materi pembelajaran dapat disimpan dan dapat diakses kembali kapan saja.

6. Ramah lingkungan, karena megurangi penggunaan kertas dan sampah yang dihasilkan dari penggunanya.

E-learning sudah banyak dicoba dan digunakan oleh banyak sekolah dari tingkat SD-SMA, hingga universitas, untuk mengasah kemampuan siswa dan mahasiswanya dalam menggunakan teknologi, terutama dalam kegiatan belajarnya.

Selain sekolah dan universitas, E-learning juga sudah banyak digunakan di perusahaan. Tujuannya untuk memberikan pelatihan teknologi kepada para karyawannya yang berada di berbagai lokasi, dalam kegiatan bekerja mereka.

Terlebih pada saat kondisi pandemi seperti ini, yang disarankan belajar dan bekerja secara online. E-learning akan sangat berguna di kondisi saat ini, karena efisien, efektif, dan kecil kemungkinan untuk dapat mengganggu aktivitas lainnya.

Jadi, dengan munculnya E-learning ini banyak memberikan manfaat bagi dunia pembelajaran. Dengan keberadaan media pembelajaran elektronik, masyarakat dapat belajar dengan lebih efektif, memiliki waktu luang, dan metode pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton. (Michael Evan Henanjaya, Manajemen Internasional, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.