Berpikir sebelum Bertindak agar Tidak Menyesal

Berfikir sebelum bertindak dapat membuahkan hasil yang positif
Berfikir sebelum bertindak dapat membuahkan hasil yang positif
Sumber :
  • vstory

VIVA – “Apabila engkau hendak mengerjakan suatu perkara, maka pikirkanlah dahulu akibat-nya, apabila akibatnya baik kerjakanlah, apabila akibatnya buruk tinggalkanlah.” Riwayat Ibnu Mubarok

Aktivitas adalah sesuatu yang lazim bagi setiap manusia baik bermain, belajar, beribadah maupun bekerja. Akan tetapi dari sekian banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh setiap manusia pasti menimbulkan efek, baik efek positif maupun negatif.

Kedua efek ini dapat ditinjau dengan tinjauan agama, dunia, ataupun akhirat. Apabila menurut ketiganya sudah selaras maka sudah bisa dijadikan tanda bahwa aktivitasnya bernilai positif. Karena ketiga hal di atas adalah tolak ukur yang tidak boleh diabaikan oleh setiap manusia yang menginginkan kebahagiaan dan keselamatan.

Setiap manusia mempunyai kesenangan masing-masing dalam beraktivitas. Kesenangan yang berbeda di dalam beraktivitas karena dipengaruhi adanya akal yang berfungsi untuk membedakan dan hati untuk merasakan apa yang diterima oleh nya.

Akal dan hati merupakan bagian dari panca indra yang paling urgen untuk kehidupan. Ibarat akal, selain berfungsi sebagai pembeda juga masih banyak fungsi-fungsi yang terdapat di dalam akal.

Seperti sebagai penyaring informasi, memikirkan yang baik dan yang buruk, yang benar dan yang salah, yang berbahaya dan yang bermanfaat, dan lain sebagainya. Ibarat hati, selain berfungsi sebagai perasa juga berfungsi sebagai pusat pengaturan peredaran darah, sebagai pusat keputusan keinginan untuk melakukan suatu perkara, sebagai pusat penyaringan setiap perkara yang diterima dari panca indra lain nya, dan sebagai pusat penggerak anggota badan manusia.

Pada dasarnya manusia hidup tidak dapat mengabaikan semua aktivitas karena aktivitas adalah sesuatu yang lazim baginya. Akan tetapi setiap manusia dapat mengabaikan aktivitas yang tidak disenanginya baik itu yang bersifat mainan, pekerjaan, ataupun yang lain nya.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.