Menciptakan Ruang Pendidikan Semakin Ramah, Aman dan Nyaman

Ilustrasi oleh Pixabay.com
Sumber :
  • vstory

VIVA - Hari-hari ini kabar kurang menyenangkan dari dunia pendidikan hadir di tengah masyarakat kita, kabar mengenai bullying, kekerasan sampai yang paling menyayat seperti kasus pelecehan seakan semakin menghantui kehidupan pendidikan anak - anak sekalian.

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Kasusnya pun tak hanya satu kali terjadi, menjadi sangat memprihatinkan kita bahwa kasus satu dan timpalannya seakan terus ada dan muncul di tengah kita semuanya. Ini tentu menjadikan pendidikan kita kian kompleks akan dinamika, selain dikejar oleh optimalisasi, efektifitas, tunjangan sarana dan prasarana sampai percepatan tujuan pendidikan yang masih saja belum mampu kita gapai, pendidikan kita malah disuguhi oleh bangunan budaya negatif yang menghitamkan geliat pencerahan kehidupan anak-anak bangsa.

Selain itu, yang menjadikan miris lagi adalah pelakunya sesama murid di instansi pendidikan, bayangkan saja, kegiatan belajar di dunia pendidikan yang harusnya menjadi ajang bertumbuh kembang bersama malah meninggalkan citra negatif akibat kasus sesama murid yang berlangsung.

Pendidikan Inklusif: Menakar Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia

Dampaknya pun tak sederhana, trauma akibat perlakuan kasar sesama, ketakutan karena menjadi korban perundungan atau tradisi balas dendam kepada calon korban yang dianggap lemah menjadi getirnya persoalan pendidikan yang mengharuskan kita semua tangani keberlangsunggannya.

Kepahitan pendidikan lebih lanjut seperti data yang dirilis oleh KPAI bahwa pada tahun 2022, jumlah pengaduan yang masuk dengan kategori anak korban kejahatan seksual, anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis, anak korban pornografi dan cyber crime sebanyak 2.133 kasus (KPAI, 2022). Melihat jumlah kasus yang tak sedikit ini, sudah saatnya pengarusutamaan penanganan kasus kekeraasan dan mewujudkan lingkungan pendidikan yang semakin aman dan nyaman menjadi prioritas. Pendidikan yang ada perlu kemudian selain berorientasi pada tercapainya tujuan utamanya, tapi juga mampu memberikan ruang yang jauh lebih sehat bagi tumbuh kembang peserta didik kita.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Perlu tindakan yang Responsif

Penyelenggaraan pendidikan harus mampu membangun nuansa yang tidak hanya berfokus belajar dengan baik tapi juga lingkungan aman dari ketakutan adanya perundungan sesama murid. Berbagai potensi yang berkemungkinan memunculkan hal negatif perlu dicegah sedini mungkin, misalnya seperti berkonsentrasi pada pendidikan karakter, ekstrakulikuler yang menarik dan pentingnya peran guru memberikan praktik baik di lingkungan sekolah adalah hal yang bisa mulai dilakukan. Penindakan tegas terhadap pelanggaran dan pembinaan secara lebih juga bisa lakukan agar kasus yang ada memberikan efek jera dan memperkecil potensi untuk diikuti.

Tiap instansi yang menyediakan ruang ruang pendidikan perlu mulai melakukan evaluasi secara serius lagi, bahwa jangan sampai ada lagi kasus semacam kekerasan, perundungan, maupun pelecehan yang muncul di instansi pendidikan. Jangan ada lagi pula dengan alasan masih anak-anak misalnya, pemakluman atas kesalahan yang dilakukan malah tidak memberikan efek jera dan pentingnya nilai disiplin, jangan sampai ada yang demikian. Karena masa depan anak anak yang masih panjang, segala hal yang dialaminya di masa - masa sekolah ini tentu bakal mempengaruhi betul pembentukan baik mental, emosional, pikiran maupun fisiknya.

Penyelenggaraan pendidikan perlu melihat proses jangka panjang ini, sebab kalau sekolah masih enggan memperhatikan hal prinsipil ini, bagaimana sekolah mampu menghantarkan para peserta didiknya menjadi insan yang bisa menggaet masa depannya? Pendidikan harus menjadi faktor utama peserta didik ini mampu mengembangkan segala potensi kebaikan dan pertumbuhannya secara moril maupun materil. Tentu faktor utama lain seperti keluarga dan lingkungan masyarakat juga menjadi sangat mempengaruhi, tapi paling tidak inisiasinya ada di lingkungan pendidikan.

Melalui lulusan pendidikan ini mereka nantinya mereka mampu mengubah kondisi sosial masyarakat sedikit demi sedikit dengan pelbagai dinamikannya, asumsinya tentu sederhana bahwa semakin banyak generasi kita mengenyam pendidikan, semakin berjalan pula proses memperbaiki kondisi sosial masyarakat kita.

Permendikbudristek PPKSP

Peran pemerintah untuk merespons beragam persoalan pendidikan seperti kekerasan di lingkungan sekolah tentu sangat diperlukan, sebagai penanggung jawab negara dalam rangka menyelenggarakan pendidikan sebagai upaya mencerdaskan bangsa yang menjadi amanah konstitusi sudah sangat wajar jika atensi mengenai penanganan kasus – kasus di dunia pendidikan di Indonesia.

Selain mengadakan landasan formil, memedomani instansi pendidikan dalam rangka mewujudkan sekolah yang anti kekerasan, ramah, aman dan nyaman terhadap peserta didik adalah salah satu wewenang yang dimiliki.

Melalui peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) menjadi upaya yang dilakukan. Permendikbudristek tentang PPKSP (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan) yang muncul baru baru ini menjadi respon bahwa keseriusan upaya preventif dan penindakan yang perlu dilakukan adalah hal yang penting.

Secara pedoman administratif, misalnya seperti yang dapat dimuat di lama Kemendikbud.go.id bahwa “Permendikbudristek PPKSP disahkan sebagai payung hukum untuk seluruh warga sekolah atau satuan pendidikan. Peraturan ini lahir untuk secara tegas menangani dan mencegah terjadinya kekerasan seksual, perundungan, serta diskriminasi dan intoleransi. Selain itu, untuk membantu satuan pendidikan dalam menangani kasus-kasus kekerasan yang terjadi mencakup kekerasan dalam bentuk daring, psikis, dan lainnya dengan berperspektif pada korban.

Mewujudkan lingkungan sekolah ramah yang membangun segala keakraban dengan kegiatan positif, penuh kolaborasi serta mampu melakukan praktik atas penghayatan nilai toleransi adalah mimpi yang sudah semestinya sudah mulai dilakukan Bersama.

Dimulai dari kesadaran penuh bahwa hal ini begitu penting, berbagai kerja kolektif semua pihak juga perlu dipastikan menjadi agenda yang dilakukan. Menjawab realitas yang menyayat hati bahwa dewasa ini lingkungan sekolah semakin mengarah pada momok yang menakutkan akibat beragamnya kasus kekesaran atau bullying adalah musabab mengapa permendikbudristek ini membawa optimisme.

Paling tidak, dengan hadirnya permendikbud ini, perhatian atas masalah kekinian di lingkungan Pendidikan mulai dicegah potensi-potensinya. Semoga apa yang menjadi tujuan utamanya juga mampu berjalan maksimal. Tentu setelah ini hadir, langkah yang tak kalah penting juga adalah bagaimana kemudian permendikbudristek ini disosialisasikan keberadaannya dan mekanisme pelaksanaanya. Disayangkan betul barang tentu jika hanya sekadar ada, namun belum menyentuh dan menyebar ke segmentasi yang dituju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.