Optimisme Melawan Kekerasan di Sekolah

Ilustrasi oleh Pixabay.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Krisis pendidikan karakter dan pengendalian emosi dewasa ini menjadi persoalan serius dunia pendidikan, orang Indonesia yang dikenal ramah di mata dunia seakan semakin tergerus dan tertelan modernitas zaman yang semakin minim akan nilai moralitas. Catatan merah semacam kekerasan di dunia Pendidikan adalah kasus - kasus yang mencerminkan menurunnya kualitas moralitas bangsa ini. Ini tentu sangat mengkhawatirkan, bahwa budaya ramah tamah bangsa kita yang dari dulu menjadi nilai luhur malah hilang dan berubah menjadi kebiasaan buruk di kalangan anak anak sekolah.

Bangun Kerja Sama, Sukseskan Pendidikan Tanpa Kekerasan

Dalam dunia pendidikan, persoalan saat ini sangat memprihatinkan dan menyajikan begitu banyaknya Pekerjaan Rumah yang perlu diselesaikan. Maraknya kasus tawuran sesama pelajar, tindak kekerasan, bullying sampai kekerasan seksual yang terjadi di sekolah sebagai lingkungan Pendidikan adalah hal yang menjadi pemberitaan tak jarang muncul di tengah kita semua. Perlu tindakan yang responsif dan strategis untuk menangani ini semuanya. Jika dibiarkan, mau dibawa ke mana generasi penerus bangsa kita ?

Yang lebih memprihatinkan lagi malahan, tidak hanya persoalan pelajar, namun ada juga kita jumpai baik di media massa maupun di sekitar kita adanya oknum guru yang berbuat tidak senonoh terhadap anak didiknya. Guru sebagai pembimbing bagi generasi muda dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, justru merusak generasi dam masa depan yang menjadi anak didik. Hal ini tentu seakan semakin menunjukkan bahwa moralitas yang menjadi ciri khas budaya bangsa kita malah menjadi sulit untuk kita temui, degradasi moral terjadi di mana-mana tak terkecuali di satuan pendidikan.

Menciptakan Ruang Pendidikan Semakin Ramah, Aman dan Nyaman

Respons Cepat

Ada respons yang menarik dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi / Kemendikbudristek dalam menanggapi hal yang ramai ini, yakni melalui Peraturan Kemendikbusristek No 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan ( Permendkbudristek tentang PPKSP) kebutuhan mendesak tentang hadirnya instrumen yang menjadi dasar penanganan dan pencegahan kekerasan di sekolah adalah respon cepat yang dilakukan. Yang menjadi harapkan kita semuanya tentu adalah bahwa peraturan yang ada mampu diterapkan dengan baik. Meski sebelumnya sudah ada aturan yang mengenai kekerasan di lingkungan sekolah, pembaharuan peraturan ini menjadi lebih kompatibel pada kebutuhan yang ada di lapangan adalah gebrakan yang cukup menuai atensi publik.

Pelaku Eksploitasi Anak Harus Dihukum Berat

Dalam penerapan PPKSP ini, sesuai aturan yang ada adalah melibatkan sekolah dan Pemerintah Daerah untuk membuat Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dan Satuan Tugas (Satgas) yang bertanggungjawab dalam menangani pencegahan dan penanganan kasus kekerasan di sekolah masing-masing daerah. Melalui proses yang sangat panjang dalam penyusunan PPKSP, Kemendikbudristek pun melibatkan 5 kementerian dan 3 lembaga untuk meluncurkan regulasi yang menyeluruh demi melindungi seluruh warga satuan pendidikan dari kekerasan. PPKSP menjadi “penyempurnaan” regulasi Permendikbud, Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Melihat kehadiran Permendikbudristek ini, paling tidak tentu ini telah mampu membangkitkan kesadaran bagi siapapun untuk gerak bersama melawan kekerasan di satuan pendidikan. Menjadikan Sekolah sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi semuanya, tidak boleh ada lagi kekerasan dalam bentuk adapun menjadi ancaman bagi orang-orang yang berperan dalam pendidikan. Mewujudkan hal ini, kerjasama dan kolaborasi serta sinergi semua belah pihak adalah hal yang sudah mesti juga di lakukan. Tak hanya pihak penyelenggara atau pihak pembuat kebijakan, orang tua pun memiliki andil yang besar menjaga hadirnya Pendidikan moral dan contoh yang baik bagi anak anak sekalian.

Permendikbudristek ini selain menjadi angin segar bagi kebutuhan peraturan, ini juga memberikan pedoman yang komprehensif baik bagi semua belah pihak utamanya tentang bagaimana cara kerja dalam melakukan kerja kerja baik berupa Pencegahan maupun Penanganan kasus kekerasan yang segala potensinya muncul di lingkungan pendidikan kita. Peraturan yang ada ini juga menjadi pedoman tafsir bagaimana bentuk dan apa saja yang masuk dalam dimensi kekerasan di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, jangan hanya berpuas diri, marilah kita semua turun andil dalam melawan kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah bahkan juga lingkungan sosial lainnya, setidaknya meski peran kita tidak seberapa. Namun jika kita ikut serta berperan, perubahan keterbaikan ekosistem Pendidikan akan lebih baik lagi. Optimisme melawan kekerasan di sekolah pun bisa mulai muncul bagi kita semuanya sebagai upaya strategis dalam menjawab dinamika yang ada. Semoga apa yang kita upayakan juga bernilai ibadah dan mendapat keberkahan bagi umat kita semuanya. (Penulis Muhamad Adnin)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.