Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

Ilustrasi bapak dan anak dari Pixabay
Sumber :
  • vstory

VIVA – Anak di usia 3-5 tahun merupakan masa terbaik untuk memberikan pelajaran berupa pendidikan moral dan karakter untuk membentuk kepribadian utama yang baik  dan bermoral karena di usia tersebut anak mudah untuk menerima dan mengikuti apa yang diajarkan oleh orang tuanya. Selain pengaruh dari orang tua, pengaruh dari lingkungan masyarakat juga sangat berperan dalam membentuk watak dan kepribadian anak. Saat ini masih sering kita lihat anak yang masih di bawah umur sudah pacaran, merokok, mabuk, dll. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya dan lingkungan sekitar.

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar

Apabila anak tidak memiliki moral dan karakter yang baik, maka hidupnya menjadi tidak jelas dan sikap yang keras dan tidak penuh kasih sayang. Oleh karenanya, diperlukan langkah pencegahan agar anak tidak terjerumus pada sesuatu yang dilarang dalam agama.

Pembelajaran agama islam terhadap anak usia dini memerlukan konsistensi dan pendekatan secara personal terhadap anak. Dapat dimulai dari diajarkan membaca basmalah, doa sebelum tidur, doa untuk orang tua hingga membacakan kisah tauladan para nabi. Anak di usia dini akan cenderung tertarik pada hal-hal yang baru, sehingga perlunya kreativitas agar anak tidak bosan ketika sedang diberikan pelajaran agama islam.

Pendidikan Inklusif: Menakar Pembaharuan Sistem Pendidikan di Indonesia

Metode pembelajaran pendidikan moral dan karakter anak sejak dini dapat melalui penjelasan secara lisan mengenai benda atau perilaku tertentu, melihat sejarah kebudayaan islam, ataupun melalui mencontohi perilaku sehari-hari dalam kehidupan nyata. Sedangkan bentuk pendidikan moral karakter itu sendiri berupa pendidikan akidah dan akhlak yang sesuai dengan agama islam, contohnya mengucapkan istigfar apabila terkejut, membaca basmalah sebelum melakukan aktivitas, dan membaca hamdalah untuk meningkatkan rasa syukur terhadap nikmat Allah Subhana Wa Ta’ala. Akhlak anak yang mendasar seperti membiasakan menggunakan tangan kanan untuk mendahulukan aktivitas, selalu berdoa sebelum beraktivitas, dan cuci tangan sebelum makan.

Selain itu, pendidikan ibadah juga penting untuk dilakukan karena Allah Subhana Wa Ta’ala menciptakan manusia hanya untuk beribadah. Ibadah yang paling utama untuk diajarkan yaitu salat 5 waktu, lalu dilanjutkan dengan puasa, berdoa, dzikir, dll.

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Satu hal yang menjadi perhatian penting ketika memberikan pendidikan moral dan karakter kepada anak sejak dini yaitu tidak adanya unsur paksaan terhadap anak, karena akan membebani pikiran anak yang berdampak pada tidak nurutnya kepada orang tua. Pendidikan moral dan karakter harus dilakukan dengan sabar, penuh kasih sayang, dan bernuansa ceria.

Saat ini tidak cukup anak hanya mempelajari agama di lingkungan sekolah khususnya bagi sekolah umum, untuk menjadikan anak yang salih dan kepribadian yang baik, diperlukan kelas tambahan kepada anak yang khusus memberikan pengajaran islam di lingkungan anak seperti Taman Pendidikan Quran (TPQ) ataupun dari orang tua sendiri apabila mampu untuk memperdalam pengetahuan dan pembentukan moral dan karakter anak.

Banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh anak dan orang tua apabila pendidikan moral dan karakter diterapkan sejak dini. Seorang anak akan menjadi pribadi yang tangguh, beradab, sabar, dan lebih mengenal dan menyanyangi Allah Subhana wa ta’ala dan rasulnya. Kepribadian yang baik bagi anak sejak kecil akan terbawa hingga besar nanti. Sifat merupakan salah satu hal yang sangat sulit diubah bagi manusia, karena muncul dan tumbuh di bawah alam sadar dan berkembang menjadi suatu kebiasaan. Oleh karenanya diperlukan pembiasaan yang baik kepada anak sejak dini agar terbawa hingga dewasa nanti.

Sedangkan bagi orang tua selain menjadi lebih mengenal agama islam karena tuntutan untuk selalu mempelajari agar dapat mentransfer ilmu kepada anak juga menjadi ladang amal jariyah. Sungguh hal ini menjadi amalan yang sangat menguntungkan bagi orang tua, karena pahalanya tidak akan berhenti mengalir walaupun telah sampai di liang lahat selama orang yang menerima manfaat dari ilmu yang diberikan terus dijalani selama masa hidupnya.

Dapat dilihat bahwa penerapan pendidikan moral dan karakter anak sejak dini tidak hanya bermanfaat di dunia, tetapi juga di akhirat. Oleh karenanya, marilah berlomba-lomba dalam mengajarkan kebaikan kepada anak agar kehidupan selalu diberkahi karena anak merupakan penerus generasi keluarga, agama, bangsa dan negara yang kelak akan menjadi pemimpin di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.