Jelajahi Dunia Maya di Dunia Nyata, Mungkinkah?

Virtual Reality Sumber: (https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2019/07/19/the-important-difference-between-virtual-reality-augmented-reality-and-mixed-reality/#48348c6735d3)
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Berbagai macam teknologi canggih bermunculan dan dikembangkan oleh manusia yang membantu kehidupan manusia saat ini. Salah satu teknologi pada abad ini yang telah dikembangkan yaitu teknologi Virtual Reality atau VR.

Mengejar Metaverse

Virtual Reality atau VR adalah teknologi berbasis komputer yang menggabungkan perangkat khusus input dan output agar pengguna dapat berinteraksi secara mendalam dengan lingkungan maya seolah-olah pengguna sedang berada di dunia nyata.

Virtual Reality menyediakan sebuah fitur unggulannya yaitu pengalaman yang membuat pengguna merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi Virtual Reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari VR, namun indra yang lainnya juga dapat merasakan sensasi dari teknologi ini.

Saudi Bikin VR Haji di Metaverse, Diyanet Turki: Bukan Ibadah Nyata

Sensasi dari teknologi ini tidak dapat dirasakan apabila tidak menggunakan perangkat pendukung. Perangkat yang digunakan untuk mendukung teknologi VR biasanya berupa helm, walker, headset, suit dan sarung tangan.

Namun, saat ini penggunaan VR masih terbilang belum praktis. Ini dikarenakan pengguna harus banyak mengeluarkan tenaga untuk dapat menikmati sensasinya. Seperti harus bergerak dalam menelusuri jalan dalam dunia VR. Selain itu, kita juga harus menyesuaikan piranti pendukung yang digunakan untuk merasakan sensasi yang diinginkan.

Unpad Kembangkan Laboratorium Virtual Keperawatan Pertama di RI

Dilihat dari situasi yang ada saat ini, penulis memiliki sebuah ide yang akan membuat piranti-piranti pendukung VR yang berbeda sensasi menjadi satu dalam sebuah piranti yang berukuran mini dan tidak memakan ruang yang banyak. Ide ini bertujuan untuk memudahkan penggunaan Virtual Reality ini tanpa harus menggunakan lebih dari satu piranti pendukung untuk merasakan setiap sensasi yang dihasilkan oleh teknologi dan menghemat tenaga kita. Cukup dengan tidur atau duduk kita bisa menggunakan piranti ini.

Sangat memungkinkan jika VR akan menjadi seperti mimpi tidur. Di mana nantinya kita dapat menjelajah dunia nyata di dunia maya dalam waktu yang amat sangat singkat. Ketika kita ingin menjelajah ke waktu lampau atau masa depan, kita cukup duduk tenang dan menjelajah waktu tersebut dengan singkat, sehingga tidak memerlukan banyak tenaga.

Sangat menarik bukan? Kita tidak perlu memaksakan suatu hal untuk menjadi nyata. Cukup menggunakan teknologi ini kita dapat merasakan sensasi nyata melalui dunia maya. Kita tunggu saja kapan gebrakan teknologi terbarunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.