Inovasi dan Teknologi Menghadapi Era Industri 4.0 di Bidang Kelautan

Dermaga Pelabuhan
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Dalam konsep pelabuhan modern, sebuah pelabuhan tidak hanya menjadi sarana transportasi pada umumnya. Tetapi juga menjadi sebuah jalur logistik dan pusat pelayanan di mana banyak transaksi ekonomi dan administrasi yang dilakukan.

Solusi Pengaturan Stok Barang di Gudang Agar Industri Kelas Menengah Tak Merugi

Di sinilah teknologi informasi berperan untuk membuat proses transaksi ekonomi dan administrasi bisa dilakukan lebih cepat, murah, dan transparan. Beberapa perusahaan logistik di Indonesia saat ini sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk membantu proses logistik di semua sektor, tak terkecuali pengiriman jalur laut.

Mulai dari pendataan muatan sampai pengajuan klaim atas asuransi, hampir semuanya ditunjang oleh aplikasi dan menjadi lebih transparan dapat dilihat oleh siapapun. Maka dari itu, konsep di atas dapat disimpulkan harus adanya strategi untuk memperkuat datangnya era industri 4.0 di bidang kemaritiman.

Manfaat Website untuk Bisnis pada Era Industri 4.0

Pertama, memperkuat persatuan. Pada strategi ini, sektor pendidikan, industri maritim dan penunjang lainnya, serta pemerintah harus diperkuat. Maka akan mampu menyelesaikan masalah dan menemukan solusi untuk terus dikembangkan.

Kedua, kecepatan kerja industri 4.0. Di sini berarti harus ada kerjasama, kecepatan kerja, yang akan berdampak pada hasil yang berkualitas dan bermanfaat, sumber daya manusia yang unggul, serta proses digital, proses produksi, marketing, dan proses kerja.

Kemenperin Beberkan 10 Upaya Perbaikan Sambut Industri Otomotif 4.0

Kecepatan kerja industri 4.0 ini akan mampu memberikan solusi untuk selalu fokus pada pengembangan organisasi untuk memproduksi hasil. Industri maritim harus didukung juga dengan pola kerja 4.0 agar pembangunan industri maritim bisa maju pesat dan sesuai yang dicita-citakan. 

Ketiga, memperkuat hubungan maritim. Pada tahap ini, hubungan sangat diperlukan sebagai modal awal untuk memperkuat industri maritim dan pengembangannya. Perubahan yang cepat harus selalu diikuti dan disikapi dengan cepat. Sebab, jika tidak, akan mengalami ketertinggalan yang sangat jauh. 

Hubungan yang kuat akan mampu memberikan kemudahan dan terbukanya peluang besar. Dunia industri kemaritiman akan mudah jika hubungannya kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.