Menhub Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Proyek Bandara Kulon Progo 

Maket Bandara Kulon Progo, Yogyakarta.
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut tidak ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) pada proses pembangunan Bandara Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA). Meskipun sebelumnya ada beberapa tindakan penggusuran puluhan rumah warga untuk memuluskan pembangunan proyek tersebut. 

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

"Saya pastikan enggak ada (pelanggaran HAM) karena saya lima sampai enam kali di sana," kata Budi di Kawasan Menteng Jakarta Pusat, Minggu 22 Juli 2018.

Menurutnya, dalam pembangunan bandara itu hanya ada beberapa masalah dan itu sudah dapat diselesaikan.  "Yang bermasalah cuma satu dua (orang) dan proses itu sopan sekali," ujarnya. 

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Budi mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya sampai dengan siang ini persoalan penyelesaian tanah warga di Kulon Progo itu sudah selesai. 

"Praktis 30 orang yang merasa belum selesai tidak masalah. Dan sampai saat ini (saya) belum mendapatkan laporan masalah-masalah di sana," kata mantan Direktur Utama Angkasa Pura II  itu. 

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Budi melanjutkan, proses yang dilakukan sudah sesuai dengan Undang-Undang bahwa telah diberikan ruang kepada pengadilan untuk penyelesaian beberapa sengketa. PT Angkasa Pura I, lanjut dia, sudah ditugaskan untuk melakukan dialog secara intensif. 

"Sehingga masyarakat yang kemarin diselesaikan rumah-rumahnya bisa mengambil uangnya di pengadilan. Saya tugaskan AP I intensif dialog. Sekalipun proses legal berjalan dengan baik kami mengintruksikan itu dengan AP I," tutur eks Direktur Utama PT. Jakarta Propertindo itu. (ren)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024