Menteri PU: Batalkan Saja Pinjaman Bank Dunia

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Perbaikan dan peningkatan lima paket jalan yang mendapatkan pendanaan dari Bank Dunia melalui program Strategic Road Infrastructure Project (SRIP) belum dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Pasalnya, pemerintah masih kesulitan mencairkan pinjaman dengan nilai total US$200 juta itu.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU Djoko Murjanto menuturkan, saat ini, lima paket jalan tersebut sedang dalam proses lelang dan menunggu persetujuan dari Bank Dunia. Diharapkan, setelah Lebaran pinjaman tersebut telah cair. "Mudah-mudahan setelah Lebaran sudah bisa segera dikerjakan," ujarnya di Jakarta, Senin 31 Agustus 2010.

Djoko menuturkan, lima paket jalan yang belum ditingkatkan adalah Lingkar Selatan Jambi, Palembang, Bypass Lampung. Kemudian, Cilegon-Pasauran dan Losari-Pejagan. Walaupun belum ditingkatkan, namun menurutnya, tidak akan mempengaruhi arus mudik Lebaran 2010.

Sementara itu, Direktur Bina Program Ditjen Bina Marga Harris Batubara mengatakan peningkatan 22 paket jalan tersebut menelan dana sekitar US$290 juta.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dari US$290 juta, US$200 juta di antaranya berasal dari pinjaman Bank Dunia, sisanya sebesar US$90 juta berasal dari rupiah murni. "Program ini sudah dilaksanakan sejak tiga tahun lalu," katanya.

Beberapa waktu lalu, Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan berniat membatalkan pencairan dana SRIP karena Bank Dunia selaku kreditor lamban dalam mencairkan dana.

Pasalnya, pemerintah mampu meningkatkan jalan dengan menggunakan dana APBN namun Bank Dunia terus menawarkan diri untuk membiayai proses penambahan ruas jalan nasional.

"Saya sudah minta untuk membatalkan saja, tidak ada urusan lagi dengan Bank Dunia. Daripada mereka bikin jelek kondisi jalan karena persyaratan dan prosedur yang tidak jelas. lihat saja jalan di Brebes yang kondisinya memprihatinkan karena Bank Dunia tidak kunjung mencairkan dananya," katanya.

Sejak awal, Bank Dunia meminta pembentukan procurement advisor (penasehat lelang) yang bertugas untuk memastikan bahwa proses lelang akan berjalan dengan benar sebelum pinjaman dicairkan. Pembentukan tersebut membuat proses pencairan menjadi panjang dan rumit.

Laporan: Iwan Kurniawan

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024