Siapa Bangun Jembatan Selat Sunda?

Jembatan Selat Sunda
Sumber :
  • PT Bangungraha Sejahtera Mulia

VIVAnews - Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) akan dikerjakan badan baru yang dibentuk oleh pemerintah, yaitu Badan Usaha Kawasan Strategis Infrastruktur Selat Sunda. Badan itu terdiri dari konsorsium berbagai pihak yang akan mengerjakan proyek senilai US$15 miliar atau Rp135 triliun.

"Pada 2011 ini, semua hal yang terkait pembentukan badan kawasan sudah harus selesai, dibentuk Badan Usaha Kawasan Strategis Infrastruktur Jembatan Selat Sunda," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa usai Rapat Koordinasi di kantornya, Jakarta, Selasa 11 Januari 2011.

Menurut Hatta, badan usaha ini adalah semacam konsorsium yang berisi lembaga-lembaga seperti Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Banten dan BUMD Lampung, BUMN serta mitra-mitra yang mungkin diundang untuk membantu pembangunan proyek tersebut.

Disamping badan usaha tersebut, pemerintah juga bakal membentuk badan pelaksana yang dipegang oleh pemerintah. Di atas semua badan tersebut akan dibentuk sebuah dewan yang akan mengurus kebijakan menyangkut pembangunan jembatan tersebut.

Hatta mengatakan, sampai saat ini pembangunan JSS diharapkan dilakukan melalui mekanisme kerjasama swasta dan pemerintah (Public-Private Partnership-PPP). Namun, penekanan dari pelaksana pembangunan tersebut akan dititikberatkan pada BUMN atau BUMD.

"Kalau APBN tidak kuat, besar sekali. Itu semua dilakukan badan usaha. Badan pelaksana lebih ke regulasi," katanya.

Pada bagian lain, Hatta mengatakan draft peraturan presiden (Perpres)
pembentukan dewan dan badan pelaksanaan akan segera dikeluarkan presiden dalam seminggu mendatang.

"(Jika) semua selesai, maka Pemda Lampung dan Banten sebagai inisiator segera membentuk konosorsium dengan BUMD, BUMN, dan mitra strategis," katanya. (hs)

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”
BMW i5 eDrive40 M Sport

BMW Cetak Sejarah Baru di Indonesia

BMW Indonesia mengumumkan hasil penjualan yang luar biasa untuk kuartal satu 2024 dengan total 775 unit, menunjukkan peningkatan 12 persen dibandingkan periode yang sama

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024