Hatta: Apa Benar Wajib Pajak Cuma 10 Juta?

Hatta Rajasa jelang acara lamaran putrinya, Aliya Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meminta seluruh unsur masyarakat dapat mendukung program sensus pajak nasional. Sensus pajak itu juga berfungsi sebagai pendataan para wajib pajak.

"Sehingga banyak data yang nantinya bisa diketahui dan dimanfaatkan oleh perpajakan untuk menentukan kebijakan selanjutnya," kata Hatta saat ditemui di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Jumat 30 September 2011.

Menurut dia, jika pemerintah diwajibkan meningkatkan tax ratio, keakuratan data para wajib pajak mutlak diperlukan. "Tanpa punya data yang akurat, itu tidak efektif," imbuhnya. Tax ratio merupakan rasio jumlah wajib pajak terhadap jumlah penduduk.

Hatta menilai, jumlah wajib pajak yang telah menunaikan kewajibannya pada negara tidak masuk akal. Sebab, jumlah penduduk dengan wajib pajak yang telah membayar kewajibannya sangat jauh.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

"Apa iya rakyat Indonesia sebanyak 230 juta, yang punya NPWP kurang dari 10 juta?" Hatta menanyakan. "Padahal, kelas menengah dengan pendapatan US$3.000-4.000 itu naik 8 juta tiap tahun, artinya masih banyak penduduk yang harus membayar pajak."

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan tingkat kepatuhan seluruh unsur di Indonesia  terhadap pajak masih rendah. Seperti wajib pajak perorangan masih sebanyak 8,5 juta dari 110 juta yang aktif bekerja dengan rasio SPT hanya 7,7 persen. "Dibandingkan di negara lain seperti Jepang mencapai 50 persen," kata dia.

Sementara itu, badan usaha yang membayar pajak, dia menambahkan, tercatat baru 446 ribu dibandingkan dengan tempat usaha yang berdomisili tetap dan aktif sebanyak 12 juta. "Hanya 3,6 persen kepatuhannya. Rendahnya pembayaran pajak menyebabkan PDB (produk domestik bruto) rendah," ujarnya.

Peningkatan pajak ini, Agus mengatakan, bermanfaat sebagai pembangunan infrastruktur, sekolah, dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, peluncuran dan pelaksanaan sensus pajak ini direncanakan serentak di seluruh Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Indonesia. Pelaksanaan sensus pajak dilaksanakan pada sentra-sentra bisnis atau kawasan ekonomi, gedung-gedung perkantoran maupun kawasan permukiman. (art)

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024