Menkeu: Seleksi OJK Bebas Kepentingan

Menkeu Agus Martowardojo Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Menakertrans
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Ketua Panitia Seleksi Otoritas Jasa Keuangan, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, menjamin 21 calon yang diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk diseleksi lagi menjadi 14 nama dan diserahkan kepada DPR, bebas dari kepentingan dan murni profesional.

Agus menjelaskan, para calon yang lolos seleksi tahap IV memiliki pengalaman dan keahlian diharapkan Pansel bisa menentukan posisi masing-masing komisioner yang nantinya akan mereka tempati. “Asalnya dari instansi mana, itu bukan menjadi perhatian atau referensi kami,” kata Agus, Jumat, 23 Maret 2012.

Ia menjelaskan, banyaknya orang berlatar belakang perbankan dan berasal dari Kementerian Keuangan yang terpilih masuk ke 21 nama itu adalah karena OJK akan mengurus industri jasa keuangan senilai Rp8.500 triliun.

Agus menambahkan, Pansel sejak semula telah mengundang pelaku-pelaku dari berbagai latar belakang untuk mendaftar. Namun belum tentu pelaku-pelaku tersebut mempunyai kompetensi, keilmuan, keahlian, dan integritas yang dibutuhkan.

“Jadi kami tidak bisa bermain-main atau bereksperimen untuk coba-coba. Pansel sudah sangat memperhatikan bahwa figur-figur yang nanti akan mensupervisi OJK betul-betul harus mampu dan mempunyai kompetensi, integritas, dan pengalaman untuk menjalankan,” tegas Agus.

Ia mengatakan, kelanjutan proses seleksi saat ini ada di tangan Presiden. Presiden akan memilih 14 nama dari ke-21 calon komisioner OJK itu. Dari 14 nama tersebut, nantinya dua orang dipilih untuk menjadi kandidat calon ketua dan akan diserahkan kepada DPR untuk ditentukan lagi siapa satu ketua dan enam anggota komisioner terpilih.

Berikut daftar nama-nama yang lolos seleksi Dewan Komisioner OJK Tahap IV:
1. Achjar Iljas
2. Firdaus Djaelani
3. Hekinus Manao
4. I Wayan Agus Mertayasa
5. Ilya Avianti
6. Isa Rachmatarwata
7. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono
8. Mulia Panusuan Nasution
9. Muliaman Darmansyah Hadad
10. Nelson Tampubolon
11. Ngalim Sawega
12. Nurhaida
13. Ogi Prastomiyono
14. Peter Benyamin Stok
15. Purwantari Budiman
16. Rahmat Waluyanto
17. Rijani Tirtoso
18. Riswinandi
19. Robinson Simbolon
20. Sahala Lumban Gaol
21. Yunus Hussein

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024