Dahlan: Penyakit Wirausaha Pemula, Tidak Fokus!

Pengusaha Ciputra dan Menneg BUMN Dahlan Iskan
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, mengatakan, untuk menjadi seorang wirausaha, diperlukan daya tahan yang luar biasa. Seorang pengusaha pemula harus fokus menekuni bisnisnya, tanpa terpengaruh godaan memikirkan bisnis lainnya sebelum sukses.

"Seorang pengusaha pemula harus tahan banting. Tidak boleh bermewah-mewahan terlebih dahulu, karena nanti ekspektasinya besar," kata Dahlan Iskan di sela pembukaan "Global Entrepreneurship Week" di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 12 November 2012.

Dahlan menjelaskan, penyakit pengusaha pemula adalah ingin cepat-cepat mengembangkan usahanya agar menjadi besar. Lalu, mengerjakan banyak hal dan memiliki banyak cabang di mana-mana. Padahal, usaha yang baik adalah usaha yang bertumbuh dengan wajar.

Ia meminta para pengusaha untuk tidak melihat Dahlan Iskan saat ini, melainkan Dahlan Iskan saat mulai merintis usaha dalam 10 tahun pertama. Kebanyakan para pengusaha yang sukses dan menjadi konglomerat fokus dalam satu bidang dalam 10 tahun pertama sebelum merambah ke bisnis lainnya.

Strategi Pemerintah Macao Targetkan Kunjungan Turis Asal Indonesia

Menurut dia, dalam 10 tahun pertama, godaan yang dialami sangat besar, dari ingin bermitra hingga tawaran kerja sama.

"Tinggal diri kita mau pegang teguh dengan bisnis atau tidak fokus. Nanti, setelah sudah berkembang, baru mengembangkan bisnis ke samping," papar mantan chief executive officer Jawa Pos Group ini.

Mantan direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini juga mengingatkan bahwa untuk menjadi seorang wirausaha tidak gampang. Karena itu, hanya segelintir orang yang berhasil menjadi pengusaha. Orang yang berjiwa pengusaha mampu bangkit saat bisnisnya jatuh.

Ia mencontohkan bagaimana pada krisis ekonomi 1998, ia terpaksa menjual mobilnya untuk membayar pinjaman bank. "Kalau sudah jatuh tidak bisa bangkit, dia tidak memiliki jiwa pengusaha," paparnya. (art)

20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus
VIVA Militer: Letjen TNI Saleh Mustafa buka Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

Letjen TNI Saleh Mustafa Buka Kejuaraan Taekwondo Pangkostrad Cup 2024

2000 lebih atlet terlibat dalam kejuaraan Taekwondo Pangkostrad 2024 ini

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024