Sosialisasi BBM, Pemerintah Kirim SMS ke 240 Juta Warga

Ilustrasi penggunaan SMS melalui ponsel
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews -
Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya
Pemerintah akan mengirimi pesan singkat ( short message service
Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik
/SMS) kepada 240 juta pengguna ponsel aktif untuk sosialisasi kenaikan harga BBM bersubsidi.
Menang di Laga Perdana Proliga, Jakarta LavAni Akui Masih Punya Kekurangan

Direktur Jenderal Informasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Fredi Katulung, menjelaskan mulai hari ini hingga dalam dua minggu ke depan pemerintah akan mengirim pesan singkat kepada para pengguna ponsel. Cara ini efektif dalam rangka sosialisasi ke seuluruh rakyat Indonesia.


"Ponsel sekarang menjadi kebutuhan primer sehingga sms menjadi salah satu metode sosialisasi kebijakan. Setiap pengguna ponsel akan dikirimi satu pesan alasan penyesuaian harga BBM," katanya dalam acara peluncuran perdana pengiriman SMS broadcast dalam rangka sosialisasi BBM subsidi di Kementerian ESDM, Jakarta.


Selain SMS, pemerintah gencar sosialisasi dengan menggunakan berbagai media massa, seusai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seluruh Kementerian, katanya, wajib melakukan sosialisasi kenaikan harga BBM.


Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Waryono Karno, menyatakan pengiriman SMS ini dimotori oleh UKP4 dan berbagai instansi pemerintah. Sosialisasi ini penting karena saat ini subsidi BBM sebagian besar dinikmati oleh orang kaya dan para penyelundup akibat disparitas harga.


SMS ini, katanya, sebagai bahan renungan pemilik ponsel bagaimana caranya mengurangi beban negara. "Lebih baik subsidi dikurangi dan dialihkan ke berbagai program untuk rakyat miskin," katanya.


Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo, mengatakan pemerintah akan memberikan data yang akurat kepada masyarakat kenapa harga BBM harus dinaikkan. Pemerintah terus melakukan sosialisasi melalui berbagai media dari spanduk, iklan layanan masyarakat hingga SMS.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya