Setuju Investasi Kilang LPG Mundu, Pertagas Kurangi Impor LPG

Kilang minyak Pertamina.
Sumber :
  • Pertamina

VIVAnews - Seiring terus berjalannya program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke Elpiji (Liquefied Petroleum Gas/LPG), kebutuhan energi ramah lingkungan ini kian meningkat setiap tahun.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

PT Pertamina melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Gas (Pertagas) telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas infrastruktur pengolahan LPG, salah satunya Kilang LPG Mundu, Indramayu, Jawa Barat.

Direktur Utama Pertagas, Hendra Jaya, Kamis 17 Juli 2014, menyatakan menyusul keluarnya Final Investment Decision (FID) dari Pertamina, Pertagas akan membangun infrastruktur pengolahan gas dengan merevitalisasi kilang LPG Mundu dan memproduksi LPG.

"Usulan investasi untuk kilang LPG Mundu telah mendapat persetujuan dari Pertamina, sehingga Pertagas akan segera memulai pelaksanaan proyek ini untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan LPG domestik," kata Hendra dalam keterangannya.

Rencana investasi tersebut, akan digunakan untuk merevitalisasi kilang, pengembalian kapasitas kilang, dan pembangunan pipa gas sepanjang 20,8 kilometer dari onshore processing facility (OPF) Balongan ke kilang Mundu, serta modifikasi jalur pipa gas eksisting Pertamina EP ke kilang Mundu.

Meski berada di lokasi yang berdekatan dengan kilang existing Pertamina, lanjut Hendra, kilang Mundu merupakan kilang LPG yang berbeda dengan beberapa kilang Pertamina lainnya, karena operasinya terpisah dari kilang minyak yang ada di unit pengolahan Pertamina.

"Kilang LPG Mundu direvitalisasi dengan menggunakan bahan baku gas alam dalam rangka meningkatkan produksi dan mengurangi impor LPG," kata dia.

Hendra melanjutkan, kalau proyek ini rampung, Pertagas akan menopang Pertamina untuk mengurangi volume imporĀ  LPG sebesar rata-rata 27 ribu metrik ton per tahun.

"Tahun ini, diperkirakan impor LPG akan mencapai 4,9 juta MT atau sekitar 60 persen konsumsi LPG nasional sebesar 5,3 juta MT. Upaya Pertagas untuk menekan impor LPG dilakukan dengan merevitalisasi kilang-kilang LPG milik Pertamina," kata dia. (ren)

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024