Pemerintah Resmi Tunjuk Hutama Karya Garap Trans Sumatera

Gedung Hutama Karya (HK)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan segera menandatangani Peraturan Presiden, terkait penugasan perusahaan konstruksi pelat merah, PT Hutama Karya untuk mengerjakan Jalan Tol Trans Sumatera.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Menteri Koordinator Perekonomian, Chairul Tandjung, Kamis 11 September 2014, mengungkapkan pemerintah telah menyetujui Hutama Karya untuk ditugaskan membangun, khususnya empat ruas tol Trans Sumatera.
Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024


"Yang paling dikhususkan adalah Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai," katanya, di Istana Negara.


Pola pembangunan untuk ruas-ruas Trans Sumatera, menurut CT, adalah bangun jual. Dengan demikian, jika sudah selesai dibangun, Hutama Karya akan menjual kembali kepada investor lain jalan tol tersebut.


Dia berharap, dengan cara seperti ini, pemerintah tidak akan mengeluarkan uang terlalu besar untuk pembangunan ruas-ruas Trans Sumatera yang lain. CT mengatakan, hak untuk pengusahaan jalan tol ini adalah selama 40 tahun.


Hutama Karya, menurutnya, juga dibebaskan untuk mencari pendanaan seluas-luasnya selain dari modal negara. Hutama Karya juga bisa mendapatkan penerusan modal pemerintah dalam atau luar negeri.


"Hutama Karya juga bisa mengeluarkan obligasi, dan pinjaman dari multi lateral," katanya.


Namun, lanjut CT, untuk menjaga keberlangsungan proyek, Hutama Karya mempunyai batas jangka waktu untuk mengerjakan proyek. Apabila Hutama Karya tidak juga bisa menyelesaikan, akan diserahkan kepada yang lain. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya