Mudik Lebaran, Penumpang Angkutan Diperkirakan Turun 30%

Bus angkuran Lebaran 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodik
VIVA.co.id
Operasional Angkutan Lebaran Ditetapkan, Ini Rinciannya
- Jumlah penumpang kendaraan umum untuk musim mudik Lebaran diperkirakan menurun. Penyebabnya, masyarakat belakangan ini memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Organda Tak Perduli Uber dan Grab Ikutan Turunkan Tarif
Demikian ungkap Direktur Pelaksana PT Eka Sari Lorena, Eka Sari Lorena Soerbakti. Dia memprediksi terjadi penurunan pengguna transportasi umum pada musim lebaran tahun ini sebesar 30 persen.

Organda: Seluruh Angkutan Umum Bakal Berfasilitas AC
"Pasti nanti penurunan. Pasar untuk angkutan darat mungkin sekitar 20-30 persen. Angkutan udara sepertinya ramai, tapi tetap turun 30-40 persen," kata Eka dalam acara lepas jabatan sebagai Ketua Umum Organisasi Angkutan Darat (Organda) di Pacific Place, Jakarta, Rabu 17 Juni 2015.

Eka telah digantikan oleh Adrianto Djokosoetono sebagai Ketua DPP Organda melalui voting yang diikuti oleh 520 pemilik suara dari DPP Organda, DPD Organda, DPC Organda, dan Dewan Pimpinan Unit. Eka menyatakan akan kembali berfokus pada perusahaannya.

Menurut Eka, salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan penggunaan transporasi umum tersebut dengan melihat kondisi ekonomi yang saat ini sedang melambat.

"Mereka lebih memilih naik kendaraan pribadi. Sedangkan pengguna kendaraan umum  yang biasanya naik eksekutif jadi naik kelas ekonomi," ujarnya.

Eka mengatakan, berharap kedepannya Organda mampu mengeluarkan trobosan-trobosan baru guna menjawab kebutuhan publik mengenai transportasi umum. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya