Pilpres 2009

Pasar Tak Peduli Satu atau Dua Putaran

VIVAnews - Pelaku pasar tidak akan mengintervensi pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) yang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Pasar hanya akan bereaksi bila mekanisme Pilpres tidak dijalankan sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Pelaku pasar hanya menginginkan Pilpres berjalan lancar sesuai ketentuan perundangan yang berlaku," kata Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Airlangga Hartarto ketika dihubungi VIVAnews di Jakarta, Rabu 8 Juli 2009.

Menurut dia, pasar hanya akan bereaksi negatif bila pelaksanaan Pilpres tidak sesuai ketentuan perundang-undangan. "Jadi, mau satu atau dua putaran, pasar tidak akan mempermasalahkan," ujar dia.

Apalagi, dia menambahkan, emiten yang mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan berupaya menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG).

Ekspektasi pelaku pasar, Airlangga menjelaskan, hanya akan mengacu pada pelaksanaan Pilpres yang lancar. "Asalkan undang-undang dipenuhi, pasar tidak akan bereaksi negatif," tuturnya.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Pada transaksi Selasa 7 Juli 2009, atau sehari menjelang Pilpres, indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI kembali menguat dan mencoba menembus level psikologis 2.100.

Menurut Direktur Utama BEI Ito Warsito, kenaikan IHSG pada transaksi kemarin di antaranya dipicu respons positif pelaku pasar terhadap pelaksanaan Pilpres hari ini yang disinyalir berjalan lancar.
 
Meski demikian, dia melanjutkan, naik turunnya indeks tetap cenderung dipengaruhi faktor pergerakan saham harian. Apalagi, berdasarkan kebiasaan, kondisi pasar selama Juli-Agustus cenderung mendatar.

"Hal itu karena sebagian fund manager memanfaatkan waktu untuk berlibur," ujarnya kepada VIVAnews, kemarin.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Pada penutupan transaksi Selasa, IHSG terangkat 48,24 poin atau 2,37 persen ke level 2.083,25.

- Jadi yang paling dulu tahu hasil Pilpres 2009! Ikuti Quick Count tercepat dan terakurat. Update tiap jam! Ketik REGHASIL kirim ke 9386. Tarif Rp 1.000 per SMS, untuk semua operator.
 
- Untuk mengenang kepergian Michael Jackson, aktifkan RBT Michael Jackson sekarang juga
DI SINI

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

arinto.wibowo@vivanews.com

Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024