Harga Bawang Saat ini Diklaim Sudah Sesuai Keinginan Jokowi

Pedagang menata bawang merah di kiosnya.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan harga bawang merah di tingkat eceran saat ini berada di level Rp25.000/kg. Ini sudah sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo, yang menginginkan harga bawang stabil selama bulan Ramadan.

BI: Minggu Pertama Juni Inflasi Capai 0,59%

“Yang jelas seluruh Indonesia sudah mulai turun. Harga Rp25 ribu di pasar, sementara di tingkat petani Rp15-Rp16 ribu,” tegas Amran usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Selasa 7 Juni 2016.

Amran mengaku, produksi bawang merah di tingkat petani sudah mulai mengalami kenaikan. Menurutnya, kebutuhan bawang merah nasional dalam satu bulannya mencapai 90 ribu per ton. Sementara produksi bawang merah saat musim panen, diklaim mencapai lebih dari 100 ribu ton.

Pengusaha Diingatkan Tak Mainkan Harga Saat Ramadan

Hal ini yang pada akhirnya diklaim Amran menjadi salah satu penyebab turunnya harga bawang merah di tingkat eceran. Sebab, kebutuhan bawang merah nasional sudah terkompensasi oleh adanya produksi bawang merah di tingkat petani yang meningkat.

“Secara bertahap sudah turun karena hasil produksi sudah masuk. Tanya KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha),” tutur dia.

Inilah Jurus Jitu Risma Jinakkan Harga Sembako

(ren)

ilustrasi minyak goreng.

Kadin Klaim Stok Pangan Aman Selama Ramadan

Indonesia Produsen Kelapa Sawit. Stok minyak goreng sangat mencukupi.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016