Tampung Dana Tax Amnesty, Ini Instrumen Keuangan BTN

Direktur Utama BTN Maryono
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) secara aktif akan menerbitkan sejumlah instrumen dalam mengantisipasi banjirnya dana yang masuk ke Indonesia. Khususnya dana repatriasi program pengampunan pajak, atau tax amnesty yang sedang didorong pemerintah hingga tahun depan. 

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, meskipun pihaknya belum resmi menjadi bank presepi yang bisa menampung dana repatriasi, sejumlah instrumen yang akan diterbitkan oleh BTN salah satunya berupa Efek Beragun Aset (EBA) dengan target emisi mencapai Rp10 triliun.

"Penerbitan EBA tersebut adalah salah satu usaha kami untuk dapat ikut serta menyerap dana repatriasi yang akan masuk," kata dia di kantornya, Senin 25 Juli 2016.

BTN Targetkan Kredit pada 2022 Tumbuh hingga 11 Persen

Selain EBA, kata Maryono, BTN juga menyiapkan instrumen investasi lain mulai simpanan biasa seperti tabungan, deposito, dan giro.

"Kemudian juga instrumen investasi lain yang memberikan imbal hasil lebih tinggi, seperti obligasi, NCD (negotiable certificate of deposit) dan MTN (medium term notes)," tuturnya.

Bank BTN Bagikan Dividen Senilai Rp237,62 Miliar

Untuk penyaluran dana tax amnesty tersebut, tutur Maryono, sudah disiapkan BTN secara matang. Ini dimaksudkan, agar dana yang masuk ke BTN bisa segera disalurkan seperti melakukan relaksasi kredit kepada pengembang yang akan membeli tanah untuk dibangun proyek rumah bersubsidi.

Menurut Maryono, kelonggaran dari BTN tersebut bakal menjadi modal yang baik bagi pengembang dalam program pembangunan perumahan. "Hal ini, karena tanah adalah komponen biaya yang besar dalam proyek pembangunan rumah," ujarnya. (asp)

Ilustrasi pembiayaan perumahan BTN.

Ekspansi Bisnis di Parepare, BTN Targetkan Salurkan KPR Baru Rp48 M

Laju perekonomian di wilayah timur Indonesia semakin meningkat saat ini salah satunya di Parepare, Sulsel.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022