Jokowi Bakal Luncurkan Kebijakan Fasilitas untuk IKM

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo akan mengunjungi beberapa wilayah di Jawa Tengah, terkait sejumlah kegiatan, Senin, 30 Januari 2017. 

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Seperti dilansir dalam siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin, 30 Januari 2017, Jokowi akan memulai kegiatan dengan meluncurkan kebijakan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM), di Sentra Kerajinan Tembaga Tumang, Kabupaten Boyolali. 

Dalam peluncuran ini, Jokowi akan menyaksikan penandatanganan MoU antara Menteri Keuangan dan Menteri Perindustrian tentang Pengembangan Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM), dalam lingkup Pembiayaan Penjaminan Asuransi serta Jasa Konsultasi IKM Berorientasi Ekspor.  

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Kontribusi IKM Indonesia terhadap ekspor nasional masih relatif rendah jika dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Pasifik. Kontribusi sektor IKM terhadap ekspor Indonesia pada 2015 hanya 15,8 persen. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara se-kawasan di Asia Tenggara. 

Kontribusi sektor IKM Thailand terhadap ekspor misalnya, sebesar 29,5 persen dan Filipina sebesar 20 persen. 

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Fasilitas KITE IKM ini diharapkan dapat memberikan bantuan kepada para pelaku usaha yang bergerak di industri kecil dan menengah agar dapat meningkatkan ekspor. 

Fasilitas ini untuk membantu IKM dalam menggiatkan sektor usahanya. Insentif fiskal dan kemudahan prosedur yang diberikan juga bertujuan untuk membuat IKM lebih bergairah sehingga ekspor dapat meningkat, kontribusi terhadap produk domestik bruto lebih besar, penyerapan tenaga kerja lebih tinggi, serta menciptakan desa-desa wisata IKM.

Sebelum meluncurkan Kebijakan Fasilitas KITE dan IKM, Jokowi akan meresmikan Pasar Sambi Boyolali yang telah selesai direvitalisasi. 

Siang harinya, Jokowi diagendakan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMKN 1 Mojosongo, Boyolali. Kemudian pada sore hari, Presiden Jokowi akan bersilaturahmi dengan jajaran TNI-POLRI se-Solo Raya.

Setelah itu, Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan pembukaan Rapat Kerja Nasional APPSI di Kabupaten Karanganyar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya