10 Februari 1996

Manusia dan Komputer Adu Cerdas Lewat Catur

VIVAnews - Pada 10 Februari 1996, juara catur dunia, Garry Kasparov, harus menyerah di babak awal dari pertandingan enam babak kepada sebuah komputer cerdas buatan IBM.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Dalam pertandingan di Kota Philadelphia, Amerika Serikat, komputer itu mampu mengevaluasi 200 juta gerakan per detik dan butuh tiga jam untuk mengalahkan Kasparov di babak pertama.

Laman stasiun televisi The History Channel mengungkapkan bahwa Kasparov akhirnya memenangkan rangkaian pertandingan atas komputer bernama Deep Blue itu dengan tiga kemenangan dan dua seri. Dia berhak membawa pulang hadiah uang tunai US$400 ribu.

Sekitar enam juta orang di seluruh penjuru dunia menyaksikan pertandingan tersebut melalui internet. Pertandingan tersebut memiliki arti penting karena merepresentasikan kali pertama manusia dan sebuah komputer bersaing menggunakan sebuah peraturan atas pertandingan enam babak,

Dalam kompetisi itu, tiap pemain memiliki waktu dua jam untuk melakukan 40 gerakan pin catur, dua jam untuk menyelesaikan 20 gerakan berikutnya, dan 60 menit lainnya untuk merampungkan keseluruhan permainan.

Sebelumnya Kasparov berhasil mengalahkan Deep Thought, prototipe dari Deep Blue yang dikembangkan peneliti IBM pada 1989. Namun, dia dan grandmaster catur lainnya saat itu kalah dari komputer dalam pertandingan yang berlangsung dalam satu jam atau kurang dari satu jam.

Lahir di Baku, Azerbaijan pada 1963, Kasparov menjadi juara catur junior Uni Soviet pada usia 13 tahun. Tahun 1985, saat berusia 22 tahun, menjadi juara dunia termuda setelah mengalahkan pemain legendaris Soviet, Anatoly Karpov.

Tahun 1997, pertandingan ulang dilakukan antara Kasparov dan Deep Blue, yang sudah ditingkatkan kemampuannya. Kasparov memenangkan babak pertama, dan Deep Blue menang di babak kedua, dengan tiga babak berikutnya seri.

Pada 11 Mei 1997, Deep Blue muncul sebagai pemenang dengan meraup kemenangan enam babak, dan mendapat hadiah US$700 ribu.

Pada 2003, Kasparov berhadapan dengan program komputer lain, Deep Junior. Pertandingan itu berakhir seri. Kasporov pun pensiun dari catur profesional pada 2005.


Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah
Head of Market Unit Nokia Indonesia Ozgur Erzincan.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Nokia mengumumkan kalau mereka telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi jaringan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024