Aktor Hollywood Desak Pembebasan Wanita Iran

Robert De Niro
Sumber :
  • www.dailyworldbuzz.com

VIVAnews - Selebriti Holywood seperti Robert Redford, Robert De Niro, dan Sting mendesak agar Iran membebaskan wanita yang akan dihukum mati dengan cara dirajam.

Dalam surat terbuka yang dipublikasi hari ini, Senin 13 Desember 2010, sebanyak 80 aktor, aktris, musisi, akademisi, dan politisi mengatakan bahwa "Sakineh Mohammadi Ashtiani telah sangat menderita."

Surat terbuka itu juga ikut ditandatangani aktor Colin Firth, Damien Hirst, pemenang nobel sastra, Wole Soyinka, dan VS Naipaul, pemimpin oposisi Inggris Ed Miliband, dan mantan Menteri Luar Negeri Prancis Bernard Kouchner. Mereka mengatakan bahwa Ashtiani telah menghabiskan lima tahun penjara dan menerima 99 cambukan.

Mereka meminta pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Mahmoud Ahmadinejad membebaskan Sakineh dan putranya, serta pengacaranya yang juga dipenjara. Surat terbuka itu terdapat dalam halaman depan koran The Times of London.

Ashtiani, 43 tahun, dinyatakan bersalah pada tahun 2006 karena dianggap memiliki "hubungan terlarang" dengan dua laki-laki setelah suaminya dibunuh pada tahun sebelumnya. Saat itu, ia dijatuhi hukuman 99 cambukan. Ia kemudian dihukum karena perzinahan dengan hukuman rajam.

Pihak pengadilan Iran mengatakan bahwa Ashtiani telah mengaku terlibat dalam pembunuhan suaminya. Banyaknya tuntutan kuat dari politisi Barat dan kelompok hak asasi manusia untuk membebaskan Ashtiani, Iran lalu menangguhkan hukuman rajam hingga Juli untuk ditinjau oleh pengadilan tinggi negara.

Sementara itu, hukuman rajam diberlakukan secara luas pada tahun-tahun setelah revolusi Islam 1979. Meskipun hukuman sering dituliskan dengan hukuman rajam tapi seringkali hukuman dikonversi menjadi hukuman lain. Perajaman terakhir, diketahui dilakukan pada 2007.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Timnas Qatar U-23 Vs Jepang

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Timnas Qatar U-23 dipastikan gugur di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Itu setelah mereka dikalahkan Jepang dengan skor 2-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayy

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024