5-9-1972: Pembantaian Atlet Israel di Jerman Barat

Peserta upacara mengenang pembantaian atlet Israel 1972
Sumber :
  • REUTERS / BAZ RATNER

VIVAnews - Pada 40 tahun yang lalu, para teroris dari kelompok September Hitam menyerbu perkampungan atlet Olimpiade di Munich, Jerman Barat. Sasaran mereka saat itu adalah para atlet Israel, yang tengah berpartisipasi dalam pesta olahraga Olimpiade.  

Menurut The History Channel, penyerbuan itu langsung menewaskan dua orang atlet Israel dan sembilan lainnya jadi sandera. Selama penyanderaan, kelompok September Hitam menuntut Israel membebaskan lebih dari 230 tahanan Arab dan dua teroris asal Jerman. 

Di akhir drama penyanderaan, jumlah korban bertambah. Sembilan sandera Israel dibunuh, begitu pula lima teroris dan seorang polisi Jerman Barat tewas saat berlangsung operasi penyelamatan di Bandara Munich, 6 September 1972. Tiga teroris berhasil ditangkap setelah negosiasi dengan pihak keamanan gagal membuahkan hasil

Kegiatan Olimpiade saat itu ditunda selama 24 jam agar bisa digelar upacara berkabung. Pemerintah Israel kemudian melancarkan operasi rahasia untuk memburu mereka yang bertanggung jawab atas insiden itu. Para agen rahasia Israel, Mossad, diberi wewenang untuk mengejar para tersangka di manapun dan langsung membunuh mereka di tempat.

Pada 2005 sutradara Hollywood, Steven Spielberg, membuat film berjudul "Munich" yang menceritakan aksi kelompok September Hitam itu.  

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya
Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024