Tentara India dan Pakistan Baku Tembak di Kashmir

Tentara India berjaga di depan pengilangan minyak di Punjab
Sumber :
  • REUTERS/Ajay Verma

VIVAnews - Tentara India dan Pakistan terlibat baku tembak di Kashmir, Minggu 6 Januari 2013. Wilayah ini telah lama menjadi rebutan kedua negara selama hampir 60 tahun.

Pihak Pakistan mengklaim serangan itu diawali oleh tentara India di Pos Haji Pir. Serangan itu tepatnya terjadi di cek poin Sawan Patra. Pos ini berada di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan, tepatnya di selatan jalan utama Muzaffarbad menuju Sinagar atau wilayah Kashmir yang dikuasai India.

Akibat serangan ini, satu tentara Pakistan tewas, satu lainnya terluka. Juru bicara militer Pakistan mengatakan, hingga saat ini baku tembak antara tentara India dan Pakistan masih berlanjut. "Tentara Pakistan merespons serangan itu dengan efektif," kata Juru Bicara Militer Pakistan sebagaimana dikutip BBC.

Sementara itu, Juru Bicara Militer India, Kolonel Pandey, mengklaim Pakistan terlebih dahulu melakukan provokasi dengan tembakan ke arah pos mereka. "Kami hanya membalas dengan senjata ringan. Kami percaya itu bagian upaya mereka untuk memfasilitasi penyusupan militan," kata Pandey.

Witan Sulaeman Pecah Kepala Saat Timnas Indonesia Vs Guinea, Sang Istri Langsung Ungkap Kondisinya

Antara Pakistan dan India sebenarnya telah ada kesepakatan gencatan senjata di kawasan ini pada 2003 silam. Namun, kesepakatan tersebut buyar setelah serangan di Mumbai, India. Negosiasi Pakistan dan India kemudian dilakukan lagi pada Februari tahun lalu. (umi)

Wasit asal Prancis Francois Letexier memberikan kartu merah untuk Shin Tae-yong

Mengharukan, Shin Tae-yong Menangis Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Timnas Indonesia U-23 kalah dari Guinea dalam laga playoff Olimpiade 2024. Pelatih Shin Tae-yong disebut menangis usai pertandingan ini.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024