Korut Diduga Pertontonkan Eksekusi Mati 80 Tahanan

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan para tentaranya.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA
VIVAnews -
Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur
Pemerintah Korea Utara dikabarkan mengeksekusi mati 80 tahanan di depan mata ribuan warganya pada awal bulan ini. Beberapa orang dieksekusi mati hanya karena menonton film drama asal Korea Selatan.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Diberitakan
Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura
Channel News Asia , Senin 11 November 2013, berita ini pertama kali disampaikan oleh seorang sumber yang tidak disebutkan namanya di harian
JoongAng Ilbo
. Sumber  itu mengaku tahu betul urusan dalam negeri Korut dan baru saja kembali ke negara itu. Benar atau tidak, kabar itu belum bisa dikonfirmasi. 


Kepada
Chanel News Asia
, sumber itu mengatakan, eksekusi massal itu dilakukan di tujuh kota pada 3 November lalu. Salah satunya di kota Wonsan. Di kota ini, sekitar 10.000 orang dikumpulkan di stadiun olahraga untuk menyaksikan langsung delapan orang ditembak mati.


Situs berita di Seoul,
Daily NK
, yang dikelola oleh para pembelot dari Korut mengaku belum mendengar informasi ini. Namun, situs milik pembelot Korut lainnya, Solidaritas Intelektual Korea Utara, mengatakan bahwa eksekusi di depan publik ini telah direncanakan tujuh bulan sebelumnya.


"Rezim Korut jelas ketakutan akan potensi perubahan pola pikir masyarakat dan mencoba menakuti rakyatnya," tulis situs tersebut.


Kesalahan para tereksekusi mati mulai dari menonton sinetron hingga prostitusi. Menonton film asing dianggap ilegal dan terlarang, apalagi film Korsel. Kendati demikian, warga Korut punya banyak cara untuk menyelundupkannya, melalui DVD, USB atau Mp3 player.


Tidak hanya drama Korea, warga Korut juga disebut-sebut gemar sekali nonton film seri Desperate Housewives dari Amerika Serikat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya