PM Malaysia: Sistem Komunikasi Pesawat MH370 Sengaja Dimatikan

PM Malaysia Najib Razak menggelar konpers soal MH370.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVAnews
9 Negara Ini Tolak Palestina Jadi Anggota PBB, Salah Satunya Tetangga RI
– Sistem komunikasi pelaporan data pesawat Malaysia Airlines MH370 telah dinonaktifkan sebelum pesawat itu mencapai pantai timur Semenanjung Malaysia. Pihak berwenang masih menyelidiki kemungkinan pembajakan, dan apa yang menyebabkan pesawat menyimpang dari rute yang seharusnya.

Terpopuler: Takut Alquran Mantan Artis Cilik Putuskan Mualaf hingga 5 Tips Pilih Sandal yang Nyaman

“Berdasarkan informasi baru satelit, dapat kami katakan dengan tingkat kepastian tinggi, bahwa Sistem Pelaporan dan Penunjukan Komunikasi (ACARS) pesawat telah dinonaktifkan sebelum mencapai pantai timur Semenanjung Malaysia,” kata Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Sabtu 15 Maret 2014, seperti dilansir
Lepas Keberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji ke Tanah Suci, Menag Puji Layanan Fast Track
The Straits Times .


Tak lama setelah sistem komunikasi pesawat dinonaktifkan, ujar Razak, transponder pesawat dimatikan saat melintas di dekat perbatasan kendali lalu lintas udara antara Malaysia dan Vietnam.


Penonaktifan sistem komunikasi pesawat itu konsisten dengan tindakan sengaja yang dilakukan seseorang dalam pesawat. Untuk itu kini penyelidikan kini difokuskan pada para awak dan penumpang MAS MH370.


“Kami berharap informasi baru ini membawa kita pada satu langkah yang lebih dekat untuk menemukan pesawat,” ujar Razak.


Ia menyatakan prihatin dan paham perasaan yang menyelimuti anggota keluarga penumpang dan awak pesawat rute Kuala Lumpur-Beijing itu. “Ini tentu waktu yang mengerikan bagi keluarga mereka yang ada di pesawat,” kata Razak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya