Uni Eropa Tentukan Kuota Pengungsi

Kapal migran dari Libya tiba di Italia
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Menkumham: Indonesia Kewalahan Hadapi Imigran
- Komisi Eropa akan membuat proposal yang kontroversial, bahwa negara-negara anggota Uni Eropa harus menerima pengungsi, berdasarkan skema kuota pengungsi.

Inggris Dituding Tak Peka dengan Nasib Pengungsi

PBB memperkirakan sekitar 60.000 orang telah berusaha menyeberangi Mediterania pada 2015. Sementara lebih dari 1.800 migran tewas dalam insiden di Mediterania, meningkat 20 kali dari periode yang sama pada 2014.
Kapal Terbalik, Lima Migran Tenggelam di Yunani


Dilansir dari
Reuters
, Senin, 11 Mei 2015, kebijakan migrasi yang akan diumumkan Komisi Eropa pada Rabu, 13 Mei 2015, juga akan mengusulkan jalur legal bagi migran masuk ke Eropa.


Hal itu diusulkan, agar para migran tidak menjadi korban perdagangan manusia. Kebijakan baru itu, terlebih dahulu harus disetujui negara-negara anggota UE. Para pemimpin Eropa akan membahasnya di akhir Juni.


Proposal yang disetujui diyakini tidak akan mengikat, karena Inggris telah menentang ide itu. Kuota akan ditentukan menggunakan beberapa faktor, termasuk populasi, indikator ekonomi dan jumlah pencari suaka yang sudah diterima sebelumnya.


Jerman memperlihatkan keinginan untuk mendukung ide penerapan kuota, dan telah menerima 200.000 pencari suaka pada 2014. Kebijakan kuota, merupakan salah satu opsi untuk menghentikan insiden tenggelamnya migran di Mediterania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya