Penyebab Tanker Solar Malaysia 'Dibajak'

Kapal tanker Vier Harmoni.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Berton Siregar

VIVA.co.id – Kapal tanker MT. Vier Harmoni bernomor lambung ISO 9745627, yang diketahui berbendera Indonesia dikabarkan dibajak pada Senin, 15 Agustus 2016.

Jokowi Jajal Jalur Perbatasan RI-Malaysia dengan Moge

Pihak berwenang Malaysia mengatakan tanker dengan panjang 54 meter dan lebar 9 meter ini membawa muatan 900 ribu liter solar telah dibajak dan dibawa ke perairan Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Namun, menurut Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV Tanjung Pinang, Laksamana Pertama S. Irawan, tanker tersebut bukanlah dibajak melainkan dibawa oleh tiga anak buah kapal (ABK).

Strategisnya Makogabwilhan I, Krisis di Perbatasan Cepat Ditangani

"Tanker dibawa karena masalah administrasi, yaitu gaji mereka (ABK) yang belum dibayar oleh perusahaan selama tiga bulan. Sampai saat ini kami masih melakukan pencarian terhadap kapal dan bekerjasama dengan stakeholder," kata Irawan kepada VIVA.co.id, Rabu, 17 Agustus 2016.

Ia juga menambahkan bahwa Kapten kapal pada jam 12.00 siang tadi telah menghubungi pihak agen di Malaysia dan memberitahukan kalau kapalnya mau lego jangkar (masuk) ke Batam.

Kapal Tanker CPO Hilang di Laut Jawa, Pencarian Digencarkan

Akan tetapi, secara terperinci sang Kapten tidak memberi tahu posisinya di mana. "Saya baru bisa bilang kalau tim sedang bekerja," ungkapnya.

MY Vier Harmoni membawa 900 ribu liter solar telah dibajak dan dibawa ke perairan Indonesia senilai 1,57 juta ringgit (US$393 ribu/Rp5,2 miliar).

Ilustrasi nelayan di tengah gelombang yang tinggi

Kemenhub Waspadai Gelombang Tinggi, Maklumat Pelayaran Dikeluarkan

Maklumat pelayaran dikeluarkan merespons, prediksi cuaca ekstrem dengan gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
14 Agustus 2021