Korea Utara Klaim Tes Nuklir Berhasil

Seorang warga Korsel menyaksikan pemberitaan soal peluncuran nuklir di Korut.
Sumber :
  • Reuters/Kim Hong Ji

VIVA.co.id – Pihak Korea Utara mengabarkan sukses melakukan tes nuklir yang kelima. Pengumuman yang disampaikan oleh media pemerintah itu dilakukan hanya beberapa jam setelah gempa seismik dilaporkan terjadi di area tempat tes dilakukan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dikutip dari BBC, Jumat, 9 September 2016, Pemerintah Korea Selatan meyakini, tes nuklir ini termasuk yang terbesar. Hal tersebut menimbulkan ketakutan di Korea Selatan bahwa pemerintah Korea Utara terus meningkatkan kemampuan senjata nuklirnya.

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, menyebut kelakuan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, sebagai sebuah tindakan menghancurkan diri sendiri yang memperlihatkan kenekatan seorang maniak. Sementara pihak AS memberi peringatan soal konsekuensi yang serius atas tindakan tersebut.

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Pihak Korea Utara mengatakan, tes tersebut sebagai sebuah percobaan atas pembangunan hulu ledak nuklir yang baru. Dan itu artinya senjata itu kini kapabel diposisikan pada rudal balistik.

Militer Korea Selatan sudah mendapat penjelasan bahwa tes nuklir kali ini bisa jadi memiliki kekuatan dua kali lebih besar dari tes nuklir sebelumnya. Sejumlah analis menyampaikan kekhawatiran mereka, karena peluncuran ini seperti sebuah pengumuman bahwa saat ini Korea Utara memiliki senjata nuklir yang bisa digunakan.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!
Kim Ki Nam (Doc: BBC Internasional)

Ahli Propaganda Terkenal di Korut Kim Ki Nam Meninggal Dunia

Mantan ahli propaganda Korea Utara, Kim Ki Nam dinyatakan meninggal dunia, pada Rabu, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024