Sekjen OKI Puji Indonesia soal Palestina

Sekjen OKI Iyed Ameen Madani
Sumber :
  • OIC-ES2016/Sigid Kurniawan/foc/16.

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Iyaad Madani, menyampaikan apresiasi tinggi atas inisiatif pemerintahan Presiden Jokowi, dalam upaya menciptakan perdamaian atas konflik yang berlangsung begitu lama di Palestina.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Menurut keterangan pers Kemlu RI yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 18 Oktober 2016, Madani menegaskan bahwa penanggulangan konflik dan situasi kondusif di berbagai negara, menjadi kunci penting dalam meningkatkan kerja sama, khususnya di bidang pendidikan.

"OKI memiliki peran penting dalam memunculkan inisiatif kerja sama di antara negara anggota di bidang pendidikan. Untuk dapat memulainya, kita perlu memastikan situasi kondusif, khususnya yang melibatkan anggota OKI," ujar Madani.

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

Hal senada diungkapkan Interim Presiden Uzbekistan, Shaukat Mirziyoyev saat Pertemuan Dewan menteri Luar Negeri OKI ke-43 di Tasheknt, Uzbekistan. "OKI perlu kembali melihat catatan sejarah peradaban Islam, khususnya saat inovasi dan berbagai penemuan banyak dihasilkan oleh ilmuwan Islam," katanya.

Dalam konteks tersebut, Presiden Mirziyoyev menyambut baik tema yang diusung dalam pertemuan the 43rd CoFM of the OIC kali ini karena dipandang relevan dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh dunia Islam.

PM Israel Benjamin Netanyahu Kembali Tolak Permintaan Genjatan Senjata

Pertemuan yang mengambil tema Education and Elightment: Path to Peace and Creativity tersebut dihadiri oleh 24 Menteri Luar Negeri anggota OKI, termasuk Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi. (ase)

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid alias HNW saat aksi doa untuk Gaza Palestina.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Menurut Hidayat Nur Wahid dan HNW, Israel pernah dengan mudah mengalahkan tiga negara dalam waktu 6 hari. Tiga negara yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024