Prabowo Siap Dirikan KBRI di Palestina Jika Jadi Presiden, Jubir: Itu Mandatory Buat Beliau

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat perdana.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto akan membawa isu kemerdekaan Palestina dalam debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu, 7 Januari 2024. Debat ketiga itu khusus untuk tiga capres.

Daftar Deretan Kampus Besar di Amerika Serikat yang Demo Dukung Palestina

Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu juga bakal menegaskan komitmennya untuk mendirikan Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Palestina jika nantinya terpilih menjadi presiden RI pada Pilpres 2024.

"Terkait politik luar negeri, komitmen Pak Prabowo akan menjajaki dan memperjuangkan pembangunan kedutaan besar Indonesia di Palestina," kata juru bicara Menteri Pertahanan sekaligus capres nomot urut dua Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Jumat, 5 Januari 2024.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Dahnil menyampaikan Kedubes RI itu nanti akan jadi pesan simbolik bahwa kemerdekaan Palestina merupakan utang sejarah dari kemerdekaan Indonesia. 

"Itu menjadi pesan simbolik bagi Indonesia bahwasanya kemerdekaan Palestina itu utang sejarah atau komitmen sejarah, komitmen kemerdekaan Indonesia. Karena kemerdekaan Palestina itu juga adalah perjuangan kemerdekaan kita," jelas Dahnil.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lebih lanjut, Dahnil menyebut dengan mendirikan Kedubes Indonesia di Palestina menjadi sebuah keharusan jika nanti Prabowo memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

"Jadi, Pak Prabowo ketika jadi presiden ya mendirikan Kedubes Indonesia di sana (Palestina). Itu menjadi mandatory buat beliau," ujar Dahnil.

Dahnil sebelumnya menyampaikan bahwa semua calon dan rakyat Indonesia akan satu suara untuk mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina. Namun, ia menekankan duet Prabowo Gibran punya target khusus, yaitu memperjuangkan adanya Kedutaan Besar RI di Palestina

"Dan, mengangkat utusan khusus untuk mendorong proses kemerdekaan Palestina. Itu ada di visi misi kita.” kata Dahnil kepada wartawan di Jakarta, 4 Januari 2024.

Menurut dia, KBRI Palestina dan Utusan Khusus ini, akan jadi simbol konsistensi diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya