Jubir: Tema Debat Ketiga Prabowo Banget tapi Kita Tidak Sesumbar

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu, 7 Januari 2024. Adapun tema debat ketiga yaitu, pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Merupakan Bagian dari Keluarga Besar NU

Tema debat ketiga untuk calon presiden (capres) itu dinilai sangat dekat dengan sosok capres nomor urut dua, Prabowo Subianto. Terlebih, Prabowo tengah menduduki jabatan sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI di Kabinet Indonesia Maju.

"Jadi, Pak Prabowo kan kita sering katakan, ini temanya Prabowo banget," ujar juru bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Jumat, 5 Januari 2024.

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Photo :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

Meski begitu, Dahnil menyebut kubu Prabowo-Gibran tak sesumbar. Prabowo juga kata dia terus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi debat Pilpres ketiga itu, salah satunya dengan berdiskusi bersama purnawirawan hingga ahli pertahanan.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Tapi terus terang kita tidak sesumbar, yang jelas Pak Prabowo mempersiapkan semuanya dengan baik. Pak Prabowo tentu tetap berdiskusi misalnya dengan purnawirawan, ahli-ahli pertahanan, termasuk terkait hubungan luar negeri, keamanan dan sebagainya," katanya.

"Jadi Pak Prabowo tetap mendengar dari banyak pihak terkait dengan geopolitik dan geostrategis dan sebagainya," lanjut Dahnil.

Kemudian, Dahnil menyampaikan Prabowo akan membawa isu kemerdekaan Palestina dalam debat Pilpres 2024 ketiga itu. Termasuk menegaskan komitmennya dalam membangun Kedutaan Besar (Kedubes) RI di Palestina jika dirinya menjadi Presiden RI 2024-2029.

"Salah satu catatan paling penting terkait dengan politik luar negeri itu adalah komitmen Pak Prabowo yang akan menjajaki dan memperjuangkan pembangunan Kedutaan Besar Indonesia di Palestina," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya