Parlemen Afrika Selatan Tolak Kunjungan Delegasi Israel

Warga Palestina menentang represif Israel.
Sumber :
  • Reuters/Ammar Awad

VIVA.co.id – Sikap represif pemerintah Israel pada warga Palestina akhirnya merugikan negara pimpinan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu itu. Penolakan pada Israel dan dukungan untuk Palestina makin menguat.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Anggota Parlemen Afrika Selatan menolak bertemu dengan Delegasi Israel yang berencana untuk mengunjungi mereka di Cape Town. Rencana kunjungan delegasi Israel itu ditolak oleh anggota Partai ANC, partai yang didirikan oleh Nelson Mandela, yang menempati mayoritas kursi di parlemen. Dari sekitar 400 kursi, anggota Partai ANC mengisi 249 kursi.

Mengomentari penolakan tersebut, Mandal Mandela, cucu Nelson Mandela yang juga anggota parlemen mengapresiasi keputusan tersebut.

Menlu Arab Saudi Tegaskan Tak Ada Normalisasi Hubungan dengan Israel Tanpa Kemerdekaan Palestina

"Kami menghargai keputusan parlemen untuk menolak kunjungan Delegasi Parlemen Israel. Dengan demikian, parlemen masih berada bersama komitmen Madiba's (klan Mandela) untuk tetap mendukung perjuangan Palestina," ujarnya seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Mandal, yang juga anggota parlemen dan memimpin Penggerak Komitmen Pendiri Parlemen, juga menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada kaukus parlemen ANC, karena sikap tegas dan teguhnya untuk menolak undangan Israel. ANC mengaku sebagai pihak yang menekan pemerintah Afrika Selatan untuk menolak kunjungan Delegasi Parlemen Israel.

PM Israel Benjamin Netanyahu Kembali Tolak Permintaan Genjatan Senjata

Keputusan itu disambut hangat oleh berbagai organisasi, kelompok pegiat hak asasi manusia dan partai politik. Kelompok pegiat HAM dan organisasi solidaritas Palestina, BDS South Afrika, termasuk di antara mereka yang menyambut baik larangan tersebut. (art)

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid alias HNW saat aksi doa untuk Gaza Palestina.

Aksi Doa untuk Gaza, HNW: Israel Pernah Kalahkan 3 Negara tapi Tak Bisa Kalahkan Pejuang Palestina

Menurut Hidayat Nur Wahid dan HNW, Israel pernah dengan mudah mengalahkan tiga negara dalam waktu 6 hari. Tiga negara yaitu Mesir, Suriah, dan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024