Korut Kembali Berulah, China Salahkan AS dan Korsel

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – China memperingatkan Amerika Serikat dan Korea Selatan untuk tidak memprovokasi Korea Utara. China juga meminta semua pihak untuk menahan diri setelah Pyongyang menembakkan rudal yang terbang di langit Jepang dan lalu mendarat di perairan bagian utara Hokkaido.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Uji coba rudal terbaru Korut dilakukan di tengah latihan perang gabungan AS-Korsel.

Korea Utara diduga sesumbar terhadap latihan gabungan AS-Korsel tersebut dengan memamerkan kekuatan senjata dan mengancam Seoul dan Washington melalui media massanya.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Eskalasi ketegangan antarnegara ini semakin meningkat menyusul ancaman Presiden AS Donald Trump yang akan akan menyerang dengan kekuatan penuh.  

Diberitakan Independent, Selasa 29 Agustus 2017, Kementerian Luar Negeri China menyatakan, mereka menentang Korut yang melawan resolusi PBB karena meluncurkan rudal dan bisa mengancam negara lain.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Namun demikian, China menambahkan bahwa sanksi dan tekanan kepada Korut tidak akan bisa menyelesaikan masalah. China mendesak Amerika dan Korea Utara untuk menginisiasi dialog. Seperti diketahui, Trump berusaha menekan China yang merupakan sekutu utama Pyongyang agar menekan rezim Korut, Kim Jong Un.

Peluncuran rudal yang dilakukan pagi ini terjadi hanya beberapa hari setelah Pyongyang menguji tiga rudal balistik jarak dekat ke Laut Jepang. Uji coba ini adalah yang ke-13 kalinya dilakukan Korut pada era Kim Jong-un. Diperkirakan negara ini memiliki rudal jarak jauh yang akan dalam kondisi sempurna pada akhir masa jabatan Trump sebagai Presiden AS.

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024