Sutiyoso: Angkutan Massal Dulu, Baru ERP

Jalan di Singapura memakai sistem ERP
Sumber :

VIVAnews - Mantan Gubernur DKI Sutiyoso setuju dengan wacana penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP). Namun, menurut dia penerapannya tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena harus dibangun moda transportasi alternatif dahulu.

Menurutnya, sistem jalan berbayar itu harus digunakan untuk mensubsidi biaya operasi angkutan massal. "Dengan ERP dapat pemasukan tambahan, mobil menteri yang dikawal juga silakan membayar, untuk subsidi angkutan massal," ujarnya di Jakarta, Sabtu, 16 Oktober 2010. "Dengan begitu jadi lebih fair, yang kaya mensubsidi angkutan massal."

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Selama ini, di jalan-jalan tol, konvoi kendaraan VIP seperti menteri atau presiden kerap diberi prioritas dan tak perlu membayar tol.

Sutiyoso menekankan, sebelum ERP diberlakukan, paling tidak busway semua koridor harus sudah berfungsi dan juga monorel tahap pertama sudah berjalan. "Monorel untuk perkantoran diselesaikan terlebih dahulu, baru ERP."

Jika tidak, maka penerapan ERP tak realistis karena masyarakat tak diberikan alternatif angkutan massal yang nyaman dan cepat. (kd)

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024