Puncak Mudik H-3, Kendaran Naik 178 Persen

Peningkatan Arus Mudik Jalur Pantura
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - PT Jasa Marga memprediksi kondisi puncak arus mudik jatuh pada H-3 Lebaran atau Kamis, 16 Agustus 2012. Saat puncak mudik terjadi, jumlah kendaraan yang melintas di gerbang tol Jakarta Cikampek akan naik sekitar 178 persen dibanding hari biasa.

"Pada hari biasa, rata-rata kendaraan yang melintas sekitar 16.221 kendaraan per hari, pada H-3 Lebaran diperkiranan akan mencapai 45.092 kendaraan," ujar Kepala Biro Operasional PT Jasa Marga, Hasanuddin, di kantor Pusat PT Jasa Marga, Jumat, 10 Agustus 2012.

Hasanuddin mengatakan, berdasarkan perkiraan arus mudik 2012, di gerbang tol utama atau gerbang Tol Cikampek pada H-7 sampai dengan H+1, akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan hingga 11,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Sedangkan pada arus balik, menurut Hasanuddin pada H+1 sampai H+7 akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan mencapai 7,82 persen dibanding dengan arus mudik.

Guna mengantisipasi kepadatan di gerbang tol utama, PT Jasa Marga Tbk akan menutup pintu masuk Tol Cikampek selama arus mudik berlangsung. Kendaraan yang masuk akan dialihkan melalui gerbang Tol Kalihurip.

"Jika terjadi kemacetan di ujung Tol Cikampek arah Pantura, kami memperkirakan imbasnya mencapai jalan tol," kata Hasanuddin.

Jasa Marga akan menerapkan skenario lalu lintas, yaitu jika kemacetan telah mencapai Kalihurip, pengguna jalan tol yang akan menuju Pantura dialihkan ke luar di gerbang tol Kalihurip Utara. Setelah gerbang tol tersebut, pengguna jalan disarankan belok kanan di pertigaan pertama yang menuju arah flyover Cikampek.

Selanjutnya menurut Hasanudin jika kepadatan kendaraan sudah mencapai simpang Dusun Dawuan, maka para pengguna jalan tol yang hendak menuju Jawa Tengah disarankan belok ke arah tol Cipularang dan keluar di gerbang tol Sadang.

Dari ke luar tol Sadang pengguna jalan dipersilakan lurus dan masuk Pantura melalui Subang, Cikamurang, Kadipaten, dan Cirebon. Opsi lainnya jika jalur Pantura macet total maka Jasa Marga akan menyarankan melalui lintas selatan.

Dia menjelaskan, jalur lintas selatan ini adalah tol Cipularang dan keluar di Cileunyi, Sumedang, Kadipaten, dan Cirebon. Jalur lainnya juga bisa melewati Nagrek, Malangbong, dan Tasikmalaya.

"Untuk mendukung, kami sudah menyiapkan rambu-rambu di tempat-tempat yang strategis untuk memudahkan pengguna jalan tol mencari alternatif yang sesuai dengan tujuan mereka," katanya. (umi)

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh Nasdem

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengunggah momen pertemuan antara dirinya dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Kamis.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024