Kios Pedagang di Stasiun Depok Digusur, Ini Alasan PT KA

Penggusuran pedagang di Stasiun Depok Baru
Sumber :
  • VIVAnews/Darmawan

VIVAnews - Ratusan kios dan lapak pedagang di kawasan Stasiun Depok Baru, Depok, Jawa Barat rata dengan tanah. PT Kereta Api berencana mengalihkan tanah kosong itu menjadi lahan parkir.

Prabowo Belum Ketemu PKS, Gerindra: Nggak Ada Hambatan Psikologis, Kemungkinan Soal Teknis

Hal itu disampaikan Direktur Utama Keselamatan dan Keamanan PT KA Bambang Irawan kepada VIVAnews saat meninjau lokasi pembokaran, Kamis 13 Desember 2012.
     
"Penggusuran ini untuk kepentingan umum, untuk meningkatkan pelayanan bagi para pengguna KRL," ucapnya. Dia mengaku telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang jauh sebelum hari H berlangsung.

Saat ditanya mengapa toko waralaba (Indomaret) yang ada di dalam stasiun tidak dibongkar? Bambang enggan mengomentarinya.
      
"Kalau soal Indomaret ini kenapa tidak dibongkar bukan wewenang saya untuk menjawabnya. Kita tunggu kebijakan selanjutnya," kata Bambang.

Sebanyak 311 kios dan lapak di Stasiun Depok Baru akhirnya dibongkar. Pembongkaran tersebut sempat berlangsung ricuh lantaran para pedagang merasa dirinya tidak menumpang gratis di lahan itu.

Pemilik Avanza Ini Gak Bisa Macam-macam Sama Istrinya

Pedagang mengatakan dikenai tarif per tahun sebesar Rp8 juta hingga Rp15 juta, tergantung luas toko. Tak cuma menyoal pembongkaran, pedagang juga menanyakan kebijakan PT KA yang terkesan tebang pilih lantaran Indomaret yang berada di dalam stasiun sama sekali tak tersentuh dari eksekusi hari ini. (umi)

Debut Justin Hubner Bersama  Cerezo Osaka di J1 League

Justin Hubner Menghilang dari Skuad Cerezo Osaka Usai Tinggalkan Timnas Indonesia U-23

Justin Hubner langsung kembali ke klubnya Cerezo Osaka usai Garuda Muda kalah dari Irak. Namun namanya tak masuk skuad Osaka saat menghadapi Gamba Osaka.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024