Pembangunan Penjara Ciangir

Rutan di Jakarta Over Kapasitas 200%

VIVAnews - Pembangunan rumah tahanan Ciangir sangat diperlukan untuk mengurangi beban rumah tahanan di Jakarta yang semakin sesak. Mayoritas rumah tahanan sudah kelebihan beban hingga 200 persen.

Seperti di Rutan Cipinang yang menampung 1800 tahanan. Padahal idelanya hanya dihuni 392 tahanan. "Satu kamar yang idealnya dihuni oleh 1-7 orang, diisi oleh 20 orang," kata Kepala Rutan Cipinang, Edi Kurniadi, Jumat 8 Mei 2009.

Kondisi serupa terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang idealnya 1.040 tahanan, harus menampung 3.600 tahanan. Sedangkan di Rutan Pondok Bambu, saat ini menampung 1.500 tahanan dari kapasitas ideal 504 tahanan.

Di Rutan Salemba pun kelebihan beban sekitar 2.650 tahanan. Rutan Salemba menampung 3.500 tahanan dari jumlah ideal 850 tahanan. "Akibatnya sering terjadi gesekan-gesekan antar tahanan yang memicu terjadinya keributan," ujarnya.

Tak hanya itu, kondisi ini juga seringkali memicu penularan penyakit kulit antar tahanan. Banyaknya tahanan membuat kebutuhan air bersih meningkat padahal fasilitasnya minim.

Sebab itu, Edi sangat mendukung rencana Pemprov DKI dan Departemen Hukum dan HAM membangun penjara baru di Ciangir, Tangerang. "Selama ini upaya kami untuk mengurangi jumlah tahanan paling dengan remisi, lepas bersyarat atau dengan cara proses pulang cepat," ujarnya.

Eko Darmanto Segera Diadili di PN Surabaya, Bakal Didakwa Gratifikasi-TPPU Rp 37,7 Miliar
Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Depok

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Digital Test House (ITDH) atau Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi di Depok, Jawa Barat pada Selasa, 7 Mei 2

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024