Ada Korban di Lomba Makan KFC, Penyelenggara Klaim Tak Lalai

Lokasi lomba makan ayam diberi garis polisi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id - Polres Metro Jakarta Barat terus mendalami adanya dugaan tindak pidana kelalaian yang dilakukan penyelenggara lomba makan Kentucky Fried Chicken (KFC) berhadiah Rp5 miliar yang menewaskan seorang peserta, Fredy Jayadi (45 tahun).

Ada Korban di Lomba Makan KFC, Ini Pengakuan Panitia

Fredy tewas saat mengikuti lomba makan sayap ayam KFC yang diadakan salah satu gerai makanan di Semanan, Jakarta Barat, Jumat 11 Maret 2016. Seperti diketahui, penyelenggara lomba tersebut juga disebut-sebut tidak menyiapkan tim medis saat lomba itu berlangsung.

"Saat ini kami sedang melakukan pengumpulan alat bukti dan banyak saksi yang kami periksa termasuk nanti kita lakukan autopsi. Gunanya untuk apa, untuk mengetahui penyebab meninggalnya korban," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Mohammad Iqbal, di Mapolda Metro Jaya, Minggu 13 Maret 2016.

Selain itu, mantan Kapolres Jakarta Utara ini juga menjelaskan, hingga saat ini, pihak penyelenggara lomba belum mau mengakui kelalaiannya terkait tidak adanya tim medis yang seharusnya disiapkan ketika pelaksanaan lomba.

"Ya belum, mereka enggak mungkin keluarkan setatement itu (lalai)," ujarnya.

Selain itu, Iqbal meminta semua pihak bersabar menunggu tahapan-tahapan dan proses penyelidikan yang dilakukan oleh penyidik. Hal itu, dilakukan untuk mengetahui apakah adan unsur menyalahi standar operasional prosedur (SOP) dan dugaan kelalaian dari pihak penyelenggara.

"Nah kami akan lakukan tahapan-tahapan. Apakah ada pelanggaran SOP, pelanggaran-pelanggaran kelalaian, atau ada perbuatan pidana. Maka dari itu kami adakan tahapan penyelidikan," ujar Iqbal.

Sebelumnya, peristiwa lomba berujung maut itu terjadi di KFC Taman Semanan di RT 15 RW 11, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat 11 Maret 2016 sekitar pukul 14.00 WIB. Freddy dan para peserta lainnya mengikuti lomba makan ayam tersebut yang tengah dalam tahap penyisihan.

Di lokasi lomba yang berlangsung sejak 3 Maret 2016 itu, ada tiga peserta yang salah satunya merupakan Freddy. Mereka pun berlomba adu cepat menghabiskan ayam dalam waktu 5 menit. Nahas, tulang ayam itu tersangkut di tenggorokannya. Ia pun langsung kehabisan nafas dan tewas beberapa menit kemudian.

Setelah menjalani proses autopsi di RS Polri Kramat Jati, kini, jasad Fredy sudah disemayamkan oleh pihak keluarga di Rumah Duka Abadi, Grogol, Jakarta Barat.

Ayam goreng KFC

Ditunggingkan, Cara Selamatkan Korban Lomba Maut KFC

Korban jiwa dapat dihindari jika penyelenggara memberikan pertolongan.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2016